Terbit: 18 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika berpuasa bisa memberikan pengaruh positif bagi kesehatan tubuh. Namun, apakah manfaat berpuasa juga bisa dirasakan oleh penderita hipertensi atau masalah tekanan darah tinggi?

Bagaimana Dampak Puasa Bagi Penderita Hipertensi?

Menurut pakar kesehatan, berpuasa ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi penderita tekanan darah tinggi. Sebagaimana kita ketahui, hipertensi bisa membuat seseorang cenderung memiliki kesulitan untuk mengendalikan emosinya.

Salah satu hal yang harus dilakukan seseorang saat berpuasa adalah mengontrol emosinya. Dengan berpuasa, maka penderita hipertensi akan lebih baik dalam mengendalikan emosi sehingga membuat tekanan darahnya tetap dalam kondisi normal.

Berpuasa juga mampu menurunkan stres, padahal stres bisa memicu peningkatan tekanan darah dengan signifikan. Pakar kesehatan pun menyarankan semua orang yang sedang stres atau mengalami masalah pada emosinya untuk berpuasa demi menyehatkan kembali kesehatan psikisnya.

Hanya saja, tidak semua penderita hipertensi ternyata bisa berpuasa. Bagi mereka yang sudah mengalami gangguan pada ginjalnya sebagai efek komplikasi yang dipicu oleh hipertensi, ada baiknya mereka tidak berpuasa karena tanpa ada asupan cairan yang cukup, maka fungsi ginjal yang sudah semakin menurun bisa menjadi semakin parah.

Penderita hipertensi sebaiknya meminta saran kepada dokter jika ingin berpuasa. Jika kondisi kesehatannya memungkinkan, maka mereka pun bisa melakukannya. Namun, jika mereka ternyata tidak disarankan untuk berpuasa karena telah mengalami komplikasi, ada baiknya mengikuti saran dokter karena toh jika memang seseorang tidak mampu berpuasa karena kondisi kesehatan tertentu, agama memperbolehkannya.

Demi menjaga tekanan darahnya tetap normal, pakar kesehatan juga menyarankan penderita hipertensi untuk rutin mengonsumsi obatnya, meskipun tentu saja konsumsi obat ini disesuaikan dengan pola makan saat berpuasa yang berbeda dari biasanya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi