Studi Baru : Wanita Suka Pamer Foto Olahraga Bisa Alami Gangguan Makan

pamer-foto-olahraga-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Hidup di zaman yang serba digital seperti saat ini memang tidak bisa terlepas dari yang namanya smartphone atau ponsel pintar. Ya, hampir setiap orang pasti memiliki ponsel pintar yang mereka gunakan untuk berselancar di dunia maya.

Namun, lebih dari itu demam media sosial juga seakan tak ada hentinya. Bisa kita perhatikan, kebanyakan orang saat ini begitu gemar mengumbar aktivitas sehari-hari mereka ke media sosial. Hal itu dilakukan karena ingin eksis dan diakui oleh orang lain.

Apa saja yang sedang dilakukan pasti akan diabadikan dengan foto, lalu diunggahnya, tak terkecuali saat sedang olahraga. Mengunggah foto olahraga ke media sosial memang menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Sebab, secara tidak langsung si pengunggah itu memberitahu kepada orang lain bahwa dirinya sedang menerapkan pola hidup sehat.

Padahal, menurut studi terbaru yang dilakukan oleh Grace Holland dari University of Adelaide, Australia, menyebutkan bahwa pamer foto di sosial media memiliki banyak dampak buruk, khususnya bagi mental dan psikologi. Hal ini juga berlaku bagi yang suka pamer foto olahraga ke semua pengikutnya.

Dari hasil riset yang dilakukan kepada ratusan wanita usia remaja sampai dewasa, ditemui hasil yang cukup mengejutkan. Hasil itu memperlihatkan bahwa wanita yang gemar pamer foto olahraga di media sosial mengalami gangguan pola makan yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Dikaji lebih dalam, ternyata yang mengakibatkan adanya gangguan pola makan adalah obsesi yang terlampau tinggi terhadap badan kurus. Hal itu berkaitan langsung dengan psikologi. Sebab, semakin sering dia memamerkan aktivitas olahraga, secara tidak langsung dia sangat terobsesi dengan bentuk tubuh ideal. Akibatnya, pola makan menjadi terganggu.

Wanita yang sudah seperti itu (obsesi tinggi) tidak akan memikirkan kesehatannya lagi, tapi yang diutamakan adalah penampilan. Sebab, dia sudah terlanjur mengunggah foto-foto indah dan menawan pada media sosialnya sehingga dia merasa malu ketika penampilannya menjadi berubah, alias gemuk. Jadi alangkah baiknya untuk tidak terlalu memikirkan penampilan, tapi perhatikanlah kesehatan sebab itu adalah yang utama.