Dampak Minum Susu bagi Penderita Hipertensi

susu-sapi-doktersehat

DokterSehat.Com– Susu seringkali dianggap sebagai minuman yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisinya yang tinggi disebut-sebut bisa memberikan banyak manfaat. Hanya saja, mengingat di dalam susu tinggi kandungan protein atau bahkan lemak, apakah minuman ini aman untuk dikonsumsi penderita hipertensi?

Yang terjadi pada tubuh penderita hipertensi setelah minum susu

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of the American College of Nutrition pada 2009 lalu, dihasilkan fakta bahwa rutin minum susu dan produk turunannya seperti yoghurt jika dikombinasikan dengan pola diet yang lebih sehat dan rendah garam akan membantu penderita hipertensi menurunkan tekanan darahnya. Hal ini berarti, jika ada anggapan susu tidak baik bagi penderita hipertensi, hal ini sama sekali tidak benar.

Di dalam susu terdapat kandungan magnesium dan kalium yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang ternyata bisa membantu mengendalikan tekanan darah dengan efektif. Khusus untuk penderita hipertensi, kandungan-kandungan tersebut bisa membantu menurunkan tekanan darah sekaligus menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dengan signifikan.

Hanya saja, bukan berarti penderita hipertensi bisa hanya mengandalkan susu untuk menurunkan tekanan darahnya. Mereka harus benar-benar menerapkan gaya hidup yang lebih sehat demi mencegah datangnya komplikasi berbahaya. Sebagai contoh, mereka harus menurunkan asupan garam dan makanan tinggi lemak atau kolesterol, berhenti merokok dan minum alkohol, lebih rajin berolahraga, selalu tidur cukup setiap malam, dan lebih cermat dalam mengendalikan stres.

Selain itu, jika dokter meminta penderita hipertensi untuk rutin mengonsumsi obat-obatan, mereka juga harus mematuhinya demi mengendalikan tekanan darah di dalam tubuh.

Manfaat lain dari rajin minum susu

Pakar kesehatan menyebut susu tak hanya bisa memberikan manfaat bagi perkembangan atau pertumbuhan anak-anak. Dalam realitanya, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan selain mengendalikan tekanan darah.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan dari susu.

  1. Bisa mendukung kesehatan tulang

Salah satu manfaat kesehatan dari susu yang paling banyak dikenal masyarakat adalah bisa mendukung kesehatan tulang dan gigi. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan kalsium di dalamnya yang bisa memperkuat kondisi kedua bagian tubuh tersebut. Selain itu, di dalam susu juga biasanya sudah diberi tambahan vitamin D yang bisa mendukung kekuatan tulang.

Rutin minum susu, ditambah dengan gaya hidup yang sehat seperti rajin berolahraga dan menerapkan pola makan yang sehat akan membantu mencegah datangnya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

  1. Baik bagi kesehatan jantung

Di dalam susu biasanya tinggi kandungan potasium yang baik bagi kondisi pembuluh darah dan jantung. Kandungan ini bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

Sebagai informasi, jika kita mengonsumsi lebih dari 4 ribu mg potasium setiap hari, maka risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah bisa ditekan hingga 49 lebih rendah dibandingkan dengan hanya minum seribu mg potasium per hari.

  1. Bisa menurunkan risiko kanker

Di dalam susu terdapat kandungan vitamin D yang ternyata bisa membantu tubuh mencegah perkembangan sel kanker. Pakar kesehatan menyebut rutin minum susu ditambah dengan menerapkan gaya hidup sehat bisa membantu menurunkan risiko kanker kolorektal dan kanker ovarium yang dikenal sangat mematikan.

  1. Bisa mencegah depresi

Keberadaan vitamin D di dalam susu akan merangsang produksi hormon serotonin, hormon yang memiliki peran besar dalam kesehatan psikis seseorang. Rutin minum susu terbukti mampu menurunkan risiko terkena depresi, kelelahan, dan berbagai masalah mental lainnya.