Dampak Buruk Minum Kopi Saat Sahur

Doktersehat - Kopi
Photo Credit: Flickr.com/waferboard

DokterSehat.Com– Agar terbangun dan tidak mudah mengantuk, banyak orang yang minum kopi saat waktu sahur tiba. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak mengonsumsi kopi saat sahur karena bisa membuat kita lebih rentan terkena dehidrasi.

Kopi memiliki sifat diuretik atau meningkatkan intensitas buang air kecil. Hal ini berarti, jika kita mengonsumsinya saat sahur, dikhawatirkan minuman yang kita konsumsi akan lebih mudah kembali terbuang lewat buang air kecil sehingga kita pun akan mengalami kekurangan cairan. Padahal, selama seharian kita berpuasa, tidak ada asupan cairan apapun hingga waktu magrib sehingga risiko untuk terkena dehidrasi pun meningkat dengan signifikan.

Kopi juga memiliki sifat asam. Jika penderita masalah maag atau gastritis mengonsumsinya saat santap sahur, maka mereka akan mengalami sensasi mual-mual sehingga tidak akan mampu mengonsumsi makanan dengan cukup. Padahal, tubuh membutuhkan sumber energi yang cukup saat santap sahur agar bisa tetap beraktivitas hingga waktu berbuka.

Selain kopi, ada baiknya kita tidak mengonsumsi teh dan minuman bersoda yang juga memiliki sifat diuretik saat santap sahur. Ada baiknya kita mengonsumsi air putih yang jauh lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik.

Tak hanya saat santap sahur, pastikan untuk tidak mengonsumsi minuman-minuman yang bersifat diuretik atau asam saat waktu berbuka demi mencegah gangguan pencernaan. Ada baiknya kita mengonsumsi makanan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi minuman-minuman tersebut saat berbuka.