Dampak Minum Es Teh Lebih dari 3 Gelas Setiap Hari

es_teh_manis_doktersehat_1
Photo Source: Mr.Tin DC

DokterSehat.Com– Es teh masih menjadi minuman yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki rasa yang enak, es teh juga bisa menyegarkan tubuh. Harganya yang terjangkau juga membuat kebanyakan orang memilih untuk meminumnya saat makan di luar rumah. Padahal, jika kita sampai mengonsumsinya dengan berlebihan, bisa jadi kita akan mengalami masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa dampak yang akan kita alami jika minum lebih dari tiga gelas es teh setiap hari.

Dampak pertama yang akan kita alami jika kita mengonsumsi es teh dengan berlebihan adalah meningkatnya risiko kenaikan berat badan atau obesitas. Hal ini disebabkan oleh tingginya gula yang diberikan pada es teh yang kita konsumsi. Jika kita cermati, kebanyakan es teh yang disediakan restoran atau kafe-kafe adalah yang memiliki rasa yang manis, bukan? Saat kita melihat pembuatan es teh di warung-warung misalnya, bisa jadi masih ada sisa gula yang menumpuk di dasar gelas dalam jumlah yang banyak. Selain itu, jika kita juga termasuk sering mengonsumsi es teh kemasan yang bisa didapatkan dari swalayan, maka kita juga mengonsumsi gula dalam jumlah yang sangat banyak.

Selain menyebabkan kenaikan berat badan, terlalu banyak mengonsumsi gula juga akan meningkatkan risiko terkena diabetes. Tingginya asupan gula yang kita dapatkan setiap hari akan meningkatkan kadar gula darah dengan signifikan. Selain itu, hal ini juga akan membebani kinerja pankreas yang memproduksi hormon insulin, hormon yang mengendalikan gula darah. Pankreas lama-lama akan mengalami kerusakan dan akhirnya menyebabkan resistensi insulin, penyebab utama dari diabetes.

Dampak lain yang bisa didapatkan jika kita mengonsumsi es teh dengan berlebihan adalah munculnya batu ginjal. Risiko untuk terkena masalah kesehatan ini bahkan bisa semakin tinggi jika kita malas minum air putih setiap hari. Meskipun sama-sama cairan dan bisa menghilangkan dahaga, es teh, apalagi yang manis jelas tidak sesehat air putih yang kaya akan manfaat kesehatan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak mengonsumsi es teh berlebihan. Jika kita makan di luar rumah, mulailah biasakan diri untuk memesan air putih yang jauh lebih sehat.