Terbit: 19 Juni 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter


DokterSehat.Com– Dampak minuman beralkohol tidak hanya akan membuat Anda mabuk. Dalam realitanya, hampir semua bagian tubuh akan mengalami dampak buruk dari alkohol jika rutin dikonsumsi. Bahkan, organ mata kita juga akan mengalami efek buruk tersebut, seperti kebutaan permanen. Selengkapnya simak apa saja dampak sering minum alkohol bagi kesehatan tubuh di bawah ini.

dampak-minum-alkohol-doktersehat

Dampak Minuman Beralkohol bagi Kesehatan

Menenggak beberapa gelas alkohol per hari dapat dengan cepat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini ddampak yang ditimbulkan jika sering minum alkohol pada pria, wanita dan remaja:

Dapak minum alkohol bagi pria;

1. Gangguan kognitif

Menurut fakta yang diterbitkan Centers for Disease Control (CDC), pria dua kali lebih sering pesta minuman keras daripada wanita. Pesta minuman didefinisikan sebagai konsumsi lima minuman beralkohol berturut-turut. Dampak minuman beralkohol dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah sistem saraf pusat permanen seperti gangguan memori, masalah konsentrasi dan tremor.

2. Gout

Gout adalah kondisi rematik menyakitkan yang biasanya menyerang pria berusia 30 hingga 60 tahun. Penelitian menunjukkan pria yang minum minuman beralkohol setiap hari berisiko lebih tinggi terkena gout. Bir adalah penyebab paling terjadi karena kandungan purinnya tinggi, yang berubah menjadi asam urat selama proses metabolism dalam tubuh.

3. Merusak penampilan

Pria yang sering minum alkohol akan merasakan dampak jangka panjang alkohol pada penampilan. Dampak minum alkohol secara teratur dapat menyebabkan perut buncit, rambut rontok, pembesaran payudara, dan kemerahan permanen pada wajah.

4. Kanker usus besar

The American Cancer Society mengklaim bahwa pria yang minum alkohol secara teratur dapat meningkatkan risiko terkena kanker kolorektal atau usus besar. Risiko meningkat pada pria yang memiliki faktor risiko lain seperti obesitas, merokok, riwayat keluarga, dan gangguan pencernaan.

5. Kanker hati

Dampak minuman beralkohol bagi kesehatan yang satu ini sangat berbahaya. Menurut cancer.org, penyalahgunaan alkohol adalah penyebab utama penyakit sirosis hati, yang terkait dengan peningkatan risiko perkembangan kanker hati.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Psychiatry, sebanyak 72 persen pria yang minum alkohol berlebihan memiliki masalah dengan fungsi seksual. Kondisi ini termasuk hilangnya libido, disfungsi ereksi, ejakulasi dini, dan infertilitas.
Nah, jika tidak ingin merusak masa depan Anda, segera hindari dampak minum alkohol, dengan sama sekali tidak minum.

Dapak minum alkohol bagi wanita;

7. Kanker payudara

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Dewan Nasional untuk Alkoholisme dan Ketergantungan Obat, Inc. (NCADD) yang berbasis di Amerika, wanita yang minum satu minuman beralkohol per hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebanyak lima persen.

8. Infertilitas

Wanita yang menjalani program hamil harus menghindari konsumsi alkohol karena, karena minuma keras ini dapat mengurangi peluang untuk hamil.

Dampak minum beralkohol yang berlebihan dapat menyebabkan anovulasi (kurangnya ovulasi), amenore (kurang menstruasi), defek fase luteal (perkembangan abnormal lapisan endometrium), dan hiperprolaktinemia (produksi ASI berlebih yang menghambat kesuburan).

9. Komplikasi kehamilan

Jika wanita hamil mengkonsumsi alkohol  dapat membahayakan kandungan karena berisiko keguguran dan berisiko melahirkan secara prematur, kelainan otak, cacat bawaan, dan sindrom alkohol janin atay juga disebut fetal alcohol syndrome (FAT).

10. Depresi

Dampak minum alkohol mungkin terasa seperti mengalihkan pikiran Anda dari pikiran-pikiran yang sedih dan menyakitkan, tetapi minum alkohol justru dapat memperburuk suasana hati yang tertekan dan menyebabkan depresi kronis.

Minum satu atau dua minuman sebagai penyalahgunaan alkohol untuk menghindari rasa sakit tetapi kemudian toleransi berkembang. Risikonya Anda akan membutuhkan lebih banyak alkohol untuk mendapatkan efek yang sama. Kemudian Anda akan mulai kecanduan minum lebih banyak dan ketika mati rasa hilang, depresi semakin memburuk.

11. Penyalahgunaan alkohol

Sebuah publikasi yang diproduksi oleh Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme (NIAAA) menyatakan bahwa wanita yang mengonsumsi delapan atau lebih minuman per minggu sangat meningkatkan risiko menjadi ketergantungan alkohol.

Dampak minuman beralkohol bagi kesehatan lainnya;

Pesta minuman keras dapat menyebabkan keracunan alkohol dan ini adalah salah satu bahaya utama minum banyak alkohol – berlaku pada pria dan wanita. Gejala keracunan alkohol di antaranya, kejang, pernapasan lambat, muntah, pernapasan tidak teratur, suhu tubuh rendah, kebingungan, kulit pucat, pingsan atau mabuk (ketidakmampuan untuk dibangkitkan).

13. Sistem kekebalan tubuh bekurang

Dampak minuman beralkohol bagi kesehatan dapat mengurangi sistem kekebalan alami pada tubuh. Kondisi ini membuat tubuh akan lebih sulit melawan kuman dan virus yang menyerang.

Orang-orang yang banyak minum alkohol dalam jangka waktu yang lama juga lebih mungkin terserang radang paru-paru atau TBC daripada yang tidak minum. Sekitar 10 persen sumber tepercaya dari semua kasus tuberkulosis di seluruh dunia terkait dengan konsumsi alkohol.

14. Menganggu kesehatan tulang dan otot

Minum alkohol dalam jangka panjang dapat mencegah tubuh Anda menjaga tulang tetap kuat. Kebiasaan minum ini dapat menyebabkan tulang menjadi lebih tipis dan meningkatkan risiko patah tulang jika terjatuh. Dan faktur dapat sembuh lebih lambat.

Minum alkohol juga dapat menyebabkan kelemahan otot, kram, dan akhirnya berhenti berkembang.

15. Kadar gula

Pankreas membantu mengatur penggunaan insulin tubuh dan respons terhadap glukosa. Ketika pankreas dan hati tidak berfungsi dengan baik, Anda berisiko mengalami gula darah rendah atau hipoglikemia.

Pankreas yang rusak juga dapat mencegah tubuh memproduksi insulin yang cukup untuk memanfaatkan gula. Ini dapat menyebabkan hiperglikemia atau terlalu banyak gula dalam darah.

Jika tubuh tidak dapat mengelola dan menyeimbangkan kadar gula darah, Anda mungkin akan mengalami komplikasi dan efek samping yang lebih besar terkait dengan diabetes. Penting bagi penderita diabetes atau hipoglikemia untuk menghindari minum alkohol dalam jumlah berlebihan.

_

Itu dia dampak minuman beralkohol bagi kesehatan yang patur Anda waspadai. Bila Anda kecanduan alkohol, yuk mulai sekarang kurangi secara perlahan untuk mengindari dampak buruknya bagi tubuh, Teman Sehat!



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi