Terbit: 9 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter


DokterSehat.Com– Mie instan adalah salah satu makanan yang paling digemari oleh masyarakat. Tak hanya di Indonesia, mie instan juga digemari di berbagai belahan dunia. Tak percaya? salah satu produk mie instan dari Tanah Air bahkan dianggap sebagai salah satu produk paling laris di Benua Afrika.

mie_goreng_instan_doktersehat_3

Yang menjadi masalah adalah, dibalik kelezatan rasa yang ditawarkan oleh mie instan, ada risiko kesehatan yang mengintai jika kita terlalu sering mengonsumsinya. Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Nutrition bahkan menghasilkan fakta bahwa sering makan mie instan bisa membahayakan kesehatan jantung, khususnya bagi kaum wanita.

Dalam penelitian yang dilakukan di Korea Selatan ini, 10.700 wanita dengan usia 16 hingga 94 tahun dicek kebiasaan mengonsumsi mie instannya setiap hari. Sebagai informasi, masyarakat Korea Selatan adalah pengonsumsi mie instan paling tinggi di seluruh dunia. Hasil dari penelitian ini adalah, wanita yang sering makan mie instan cenderung mengalami sindrom metabolisme dan mengalami peningkatan risiko terkena obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi, dan gula darah tinggi. Berbagai kondisi ini tentu bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Menurut penelitian ini, wanita yang makan mie instan dua kali seminggu mengalami peningkatan risiko terkena gangguan metabolisme hingga 68 persen. Penyebabnya adalah kandungan kimia dan sodium di dalam mie instan yang sangat tinggi.

Penelitian lain tentang mie instan juga dilakukan oleh dr. Braden Kuo dari Massachussets General Hospital of Harvard University, Amerika Serikat. Dengan memakai kamera berukuran sangat kecil, perjalanan mie di saluran pencernaan diteliti. Hasilnya adalah, mie instan memiliki kandungan bahan pengawet tinggi sehingga sulit untuk dicerna oleh tubuh.

Dr. Kuo pun menyarankan kita untuk membatasi konsumsi mie instan satu atau dua kali dalam sebulan demi mencegah datangnya berbagai masalah kesehatan.

 



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi