Dampak Merokok Bagi Kesehatan Hati

beberapa-fungsi-hati-doktersehat

DokterSehat.Com– Siapa bilang merokok hanya akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan paru-paru saja? Dalam realitanya, hampir semua bagian tubuh akan terkena dampak buruk dari kebiasaan ini. Salah satu dari organ tubuh yang paling menderita akibat rokok adalah hati.

Berdasarkan penelitian terbaru, dihasilkan fakta bahwa merokok, memiliki masalah kegemukan, dan hobi mengonsumsi alkohol sebagai pemicu utama dari kanker hati. Fakta ini terungkap setelah para peneliti dari Amerika Serikat dan Eropa memeriksa 125 partisipan yang sudah terdiagnosis kanker hati. Setelah dibandingkan dengan 229 orang lainnya yang tidak menderita kanker, dihasilkan fakta bahwa gaya hidup dan lingkungan berperan besar dalam menyebabkan kanker hati, termasuk kebiasaan merokok.

Sebagaimana kita ketahui, hati memiliki fungsi utama berupa mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh. Prosesnya adalah dengan menyaring darah dan kemudian membuang berbagai zat yang dianggap tidak diperlukan atau membahayakan tubuh. Masalahnya adalah jika sampai zat beracun yang harus disaring oleh hati sangat banyak, fungsi dan kesehatan organ ini bisa semakin menurun.

Rokok memiliki kandungan beracun yang sangat tinggi sehingga berpotensi menyebabkan fungsi hati mengalami kerusakan. Bahkan, menjadi perokok berat terbukti mampu meningkatkan risiko penyakit hati lainnya seperti hepatitis atau sirosis hati. Kondisi-kondisi ini bisa menyebabkan hati tak lagi bisa berfungsi dan dampaknya bisa sangat berbahaya bagi tubuh.

Hobi merokok juga akan membuat sel-sel hati lebih rentan mengalami kerusakan. Proses regenerasi sel pun tidak akan berjalan dengan normal sehingga sel-sel ini justru akan berkembang menjadi kanker. Kandungan karsinogen di dalam rokok adalah tar dan polynuclear aromatic hydrocarbon atau PAH. Kandungan inilah yang akhirnya bisa menyebabkan kanker hati.

Melihat fakta ini, mau tidak mau kita memang harus menghindari asap rokok. Jika kita memang sudah terlanjur menjadi perokok aktif, segeralah berusaha untuk berhenti merokok meskipun memang akan sangat sulit untuk melawan kecanduannya. Selain itu, pastikan untuk tidak menjadi perokok pasif dengan menghindari para perokok aktif di tempat umum. Dengan menghindari asap rokok, maka organ hati akan tetap sehat dan proses detoksifikasi tubuh akan tetap berjalan dengan baik.