Jarang Cuci Tangan, Mata Anak Ini Dipenuhi Cacing

Doktersehat-kalazion-benjolan-di-kelopak-mata
Photo Credit: Flickr.com/Muhammad Taufan

DokterSehat.Com– Malang benar nasib yang dialami oleh anak berusia 2 tahun yang tidak disebutkan namanya dari Tiongkok ini. Ia harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit karena matanya dipenuhi oleh belasan cacing. Bagaimana bisa anak sekecil itu mengalami nasib mengenaskan seperti ini?

Menurut dokter yang menangani kondisi sang bocah, setidaknya sudah ada 10 cacing parasit berukuran sangat kecil yang diangkat dari mata sang bocah. Penyebab dari adanya cacing parasit ini pun sangat tidak disangka, yakni hanya gara-gara tidak pernah cuci tangan.

Tangan yang kotor karena telah memegang banyak benda kotor langsung dipakai untuk mengucek atau menyentuh matanya sehingga membuat larva cacing pun ikut masuk ke mata.

Awalnya orang tua anak ini heran dengan kebiasaan sang anak yang terus-menerus merasakan gatal dan mengucek matanya selama beberapa hari. Mereka kemudian mengecek pada mata sang anak untuk mengetahui apa yang terjadi.

Saat itulah mereka terkejut saat melihat sejenis cacing dengan ukuran yang sangat kecil yang bergerak di mata sang bocah. Sang anak pun kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Dokter yang memakai pinset untuk mengambil cacing-cacing ini menyebutkan bahwa proses pengangkatan cacing dengan ukuran sekitar 1 cm ini cukup sulit untuk dilakukan. Para dokter juga mengaku terkejut dan tidak pernah menyangka bisa menemukan kasus seperti ini saat mereka bertugas.

Setelah diidentifikasi, cacing ini ternyata adalah cacing pita. Dokter pun menduga jika sang anak sepertinya tidak pernah mencuci tangan dan sering menyentuh matanya saat tangannya sedang dalam kondisi kotor atau baru buang air besar.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita membiasakan anak mencuci tangan sejak usia dini agar tidak sampai mengalami nasib seperti yang dialami oleh bocah asal Tiongkok ini.