Suka Makan Sosis Bisa Membahayakan Kesehatan Jiwa

DokterSehat.Com– Kini, sosis telah menjadi salah satu bahan makanan yang cukup sering dikonsumsi oleh manusia di seluruh dunia. Tak hanya rasanya yang enak dan mudah untuk diolah menjadi berbagai macam masakan, sosis juga cenderung mudah untuk ditemukan dengan harga yang murah. Sayangnya, sudah berkali-kali pakar kesehatan menyebut sosis sebagai salah satu makanan yang paling tidak sehat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari Mirror, sering mengonsumsi sosis dan daging olahan lainnya seperti bacon bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jiwa kita. Fakta ini diungkapkan oleh Seva Khambadkone yang berasal dari Johns Hopkins University School of Medicine.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Seva dengan cara mencari tahu efek dari konsumsi daging olahan oleh pasien penderita gangguan jiwa. Dihasilkan fakta bahwa  kebiasaan mengonsumsi makanan ini bisa memicu mental breakdown hingga 3 kali lipat. Hal ini berarti, dampak buruk dari daging olahan bagi kesehatan jiwa memang tidak main-main.

“Banyak pasien yang mengalami fase manik karena gangguan jiwa dan dilarikan ke rumah sakit karena terlalu sering mengonsumsi daging olahan seperti sosis atau bacon,” ucap Seva.

Dalam penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 1.101 pasien yang ada di rumah sakit dengan kondisi manik ini, para peserta yang memiliki usia 18 hingga 65 tahun terus dipantau kesehatan jiwa dan kebiasaan makannya selama 10 tahun. Hasilnya adalah, para pasien yang sering mengonsumsi daging olahan cenderung mudah mengalami penurunan kondisi kesehatan mental.

Para peneliti curiga bahwa senyawa nitrat yang ada di dalam daging olahan bisa memicu penurunan kesehatan mental. Sebagai informasi, senyawa ini dipakai untuk mengawetkan sebagian besar daging olahan seperti sosis yang dijual di pasaran.

Melihat adanya fakta ini, cobalah untuk mengurangi asupan daging olahan dan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah demi kesehatan tubuh kita.