Terbit: 15 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu jenis mie instan yang digemari oleh banyak orang adalah mie instan pedas. Rasa pedas dari mie instan ini bisa memberikan sensasi puas saat dikonsumsi. Sayangnya, sebagaimana kita ketahui, mie instan termasuk dalam makanan yang tidak sehat. Ditambah dengan rasa pedas yang sangat kuat, bisa jadi mengonsumsinya akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan pencernaan, khususnya bagi kesehatan lambung.

Begini Dampak Sering Makan Mie Instan Pedas

Pakar kesehatan menyebut mie instan pedas bisa membuat dinding lambung teriritasi. Selain karena rasanya yang sangat pedas, zat-zat yang ada di dalam mie instan ini memang rentan mengiritasi dinding lambung kita. Jika sampai hal ini terjadi, maka risiko untuk terkena dispepsia atau tukak lambung pun meningkat dengan signifikan.

Sementara itu, situs Women’s Health Mag menyebut mie instan pedas sebagai makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering karena bisa menyebabkan sakit perut dan gangguan metabolisme. Sebagaimana jika kita mengonsumsi sambal atau makanan pedas lainnya, perut akan segera terasa panas dan perih. Sebagian orang bahkan akan mengalami sensasi perut mulas, diare, atau bahkan kenaikan asam lambung. Selain itu, makanan yang terlalu pedas ternyata juga bisa menyebabkan gangguan pada metabolisme. Tak hanya pencernaan makanan yang terganggu, denyut jantung dan suhu tubuh juga akan meningkat dengan signifikan.

Sering mengonsumsi mie instan super pedas juga akan memberikan dampak lain, yakni tubuh yang berkeringat dalam jumlah banyak. Sebenarnya, berkeringat adalah hal yang wajar untuk dilakukan saat kita kepanasan, melakukan aktivitas fisik, atau mengonsumsi makanan pedas, namun jika kita sampai mengelurakan keringat dalam jumlah yang berlebihan, dikhawatirkan hal ini juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh.

Tak hanya saat memakannya, saat membuat mie instan pedas ini kita juga akan lebih berisiko terkena iritasi kulit akibat terpapar bumbu mie instan yang juga bisa memberikan sensasi panas. Memang, efek ini tidak selalu terjadi pada setiap orang, namun sebaiknya memang kita berhati-hati agar tidak sampai terkena masalah ini, bukan?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Mengonsumsi mie instan pedas boleh-boleh saja dilakukan, namun pastikan untuk tidak melakukannya dengan berlebihan dan batasi frekuensi memakannya demi menjaga kesehatan tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi