Terbit: 25 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang sengaja mengonsumsi buah sebelum tidur demi mengatasi rasa lapar. Alih-alih mengonsumsi camilan tidak sehat yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan, akan jauh lebih baik makan buah sehat, bukan? Sayangnya, ada anggapan yang justru menyebut kebiasaan makan buah sebelum tidur juga bisa membahayakan kesehatan. Apakah anggapan ini benar secara medis?

Makan Buah Sebelum Tidur Bisa Berbahaya?

Dampak makan buah sebelum tidur

Sebenarnya, pakar kesehatan masih berdebat tentang kebiasaan makan buah sebelum tidur. Ada yang menyebut hal ini bisa menurunkan kualitas tidur mengingat sistem pencernaan yang justru bekerja keras saat kita beristirahat, namun ada sebagian pakar kesehatan lain yang justru menyebut kebiasaan ini bisa membuat kita tidur dengan lebih nyenyak.

Hanya saja, pakar kesehatan dr. Ashutosh Gautam yang berasal dari Clinical Operations and Coordination Manager di kota Baidyanath menyebutkan bahwa sebagaimana ilmu Ayurveda, sebaiknya kita tidak makan apa-apa lagi dalam waktu tiga jam sebelum tidur. Bahkan, saat kita ingin makan buah, kita juga harus memberikan jarak dengan saat waktu mengonsumsi makanan lain karena pencernaan kita sebenarnya memberikan efek yang berbeda pada saat mengolah buah atau makanan lain.

Sebagai informasi, buah cenderung dicerna dengan lebih cepat. Perut pun akan segera mendorongnya ke usus dengan cepat. Hal yang berbeda terjadi pada makanan yang kaya akan protein yang cenderung membutuhkan waktu pengolahan yang lebih lama saat berada di dalam lambung.

“Sebaiknya tidak makan buah sebelum tidur karena bisa membuat kualitas tidur menurun. Selain itu, kandungan gula alami di dalam buah akan membuat tubuh mengalami lonjakan energi. Padahal, tubuh sebenarnya sudah dikondisikan untuk beristirahat namun justru mendapatkan banyak energi untuk beraktivitas. Hal inilah yang membuat kita tidur dengan tidak nyenyak. Hanya saja, jika memang kita sedang lapar sebelum tidur, kita bisa mengonsumsi satu buah yang tidak memiliki kandungan gula tinggi daripada mengonsumsi makanan lain yang tidak sehat,” saran dr. Anju Sood.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Jangan makan buah dekat dengan makanan lainnya

Pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi buah dengan makanan lain dalam waktu yang berdekatan. Hal ini berarti, mengonsumsi buah setelah makan bisa jadi kurang baik bagi kesehatan. Bagi penderita diabetes lainnya, mengonsumsi buah bersamaan dengan makanan lain, khususnya yang tinggi protein dan lemak bisa memicu kenaikan gula darah.

Selain itu, jika kita mengonsumsi buah sebelum atau setelah makan, hal ini justru akan membuat nutrisi dari buah yang baik sulit dicerna dengan maksimal oleh pencernaan. Karena alasan inilah kita sebaiknya memberikan jeda sekitar dua jam di antara waktu makan buah dan waktu makan makanan lainnya.

Makanan yang aman dikonsumsi sebelum tidur

Bagaimana jika kita tiba-tiba merasa kelaparan di malam hari sebelum tidur? Jika kita menahan rasa lapar ini, bisa jadi perut akan terasa tidak nyaman dan kita pun akan tidak bisa tidur nyenyak. Beruntung, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi sebelum tidur.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Buah kiwi

Kiwi termasuk dalam buah yang masih aman untuk dikonsumsi sebelum tidur. Bahkan, mengonsumsinya bisa membantu tidur dengan lebih nyenyak.

  1. Smoothie buah pisang

Smoothie yang dibuat dari campuran pisang dan susu rendah lemak akan menyediakan asupan vitamin D dan kalsium yang tinggi. Selain itu, adanya kandungan kalium, asam amino triptofan, vitamin B6, serta magnesium bisa membantu tubuh dan pikiran lebih rileks sehingga kita pun akan tidur dengan lebih nyenyak.

  1. Kacang almond

Kacang almond kaya akan magnesium yang bisa membantu kita tidur dengan lebih nyenyak dan menghilangkan stres dengan efektif.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi