Terbit: 4 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seperti halnya minuman soda atau teh, bir juga dikonsumsi secara reguler oleh beberapa orang. Mereka yang menenggak minuman beralkohol ini menganggap kalau bir bisa membuat mereka jadi bugar. Rasa penat, capai, dan tidak bersemangat bisa hilang setelah bir mengiri tubuh mereka setiap hari.

Dampak Buruk Bir Kalau Dikonsumsi Setiap Hari

Sebenarnya bir tidak sepenuhnya berguna untuk tubuh. Justru, mengonsumsi bir secara berlebih atau rutin setiap hari bisa memberikan dampak negatif di bawah ini.

1. Ketagihan alkohol
Mengonsumsi bir secara rutin dan tidak ada jedanya akan membuat yang bertanggung jawab mengatur motivasi, kesenangan, hingga stres mengalami gangguan. Akibatnya, tubuh akan susah memberikan respons apakah Anda saat ini harus semangat atau justru harus mengalami keterpurukan.

Sering minum bir yang beralkohol juga membuat toleransi tubuh pada alkohol meningkat. Anda akan susah terpuaskan dengan bir hingga akhirnya terjadi gangguan saraf, gangguan mental, dan penurunan kualitas hidup.

2. Penyakit Gout
Saat minum bir dengan jumlah banyak dan rutin setiap hari, tubuh akan mengalami penumpukan kristal monosodium di area urat sekitar persendian. Kalau kristal ini terus menumpuk, rasa nyeri akan muncul di persendian yang ada pada tubuh. Inilah yang disebut dengan penyakit gout.

Untuk mengurangi rasa sakit pada persendian, penderita disarankan untuk mulai mengurangi asupan bir untuk tubuhnya.

3. Hati jadi berlemak
Pada dasarnya hati sudah memiliki lemak. Namun, kalau seseorang mengonsumsi bir dalam jumlah banyak, lemak pada hati akan meningkat perlahan-lahan dan susah diatasi itu. Lemak yang berlebih pada hati bisa menyebabkan banyak gangguan mulai dari pengerasan hati hingga yang terparah dan tidak diinginkan semua orang adalah munculnya kanker hati.

Nah, setelah mengetahui dampak buruk yang diberikan bir di atas. Masihkah minuman ini akan dikonsumsi setiap hari?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi