Terbit: 2 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Hal ini ternyata juga berlaku jika kita melakukan olahraga dengan berlebihan. Meskipun terlihat seperti aktivitas fisik yang menyehatkan tubuh, dalam realitanya berolahraga dengan berlebihan juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Sayangnya, hal ini sama sekali tidak disadari oleh remaja 17 tahun bernama Jared Shamburger.

Berolahraga Berlebihan, Pria Ini Nyaris Tewas

Dilansir dari New York Post, Jared mulai mengalami sensasi tidak enak badan sejak melakukan olahraga di pusat kebugaran dengan berlebihan, tepatnya dengan mengangkat beban selama 90 menit di Houston, Texas.

“Badanku sakit semua. Tak hanya membengkak, tubuhku juga sakit saat disentuh,” ucapnya.

Jared mengaku baru bergabung menjadi anggota pusat kebugaran beberapa saat yang lalu. Sayangnya, ia tidak melakukan aktivitas olahraga dengan bertahap, namun langsung melakukan berbagai aktivitas fisik dengan berlebihan karena ingin berkompetisi dengan ayah dan kakaknya yang merupakan atlet binaraga.

“Aku ingin memiliki tubuh berotot secepat mungkin seperti ayah dan kakak,” lanjutnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Kondisinya terus menurun sehingga ibu Jared pun segera memeriksakannya ke dokter. Sayangnya, disana ia justru didiagnosis terkena rhabdomyolosis. Kondisi ini bisa membuat penderitanya meninggal dunia sehingga Jared pun langsung segera dirawat secara intensif di rumah sakit.

Rhabdomyolosis disebabkan oleh jaringan otot yang mati sehingga memicu pelepasan protein yang sangat merusak dan beracun ke dalam darah. Jika tidak ditangani dengan baik, penderitanya bisa saja meninggal dunia.

Jared mendapatkan pelajaran berharga dari penyakit yang Ia derita. Setelah lima hari dirawat, ia akhirnya diperbolehkan untuk pulang. Kini, ia pun tak mau lagi melakukan olahraga dengan berlebihan dan melakukannya dengan lebih bijak.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi