Dampak Alkohol bagi Pankreas

Photo Source: Flickr/ Simon Law

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika minuman beralkohol bisa memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, banyak orang yang masih menyepelekannya dan tetap saja meminumnya karena dianggap sebagai salah satu cara untuk melepaskan stres. Padahal, dampak dari alkohol bisa sangat membahayakan, termasuk bagi organ dalam seperti pankreas.

Berdasarkan sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa orang yang meminum alkohol sekitar 3 gelas atau lebih setiap hari cenderung memiliki risiko besar terkena kanker pankreas. Faktor lain yang bisa menyebabkan datangnya penyakit ini adalah kebiasaan merokok, kondisi obesitas atau kelebihan beat badan, hingga faktor riwayat keluarga dan diabetes.

Sebagai informasi, pankreas adalah sebuah organ yang berada di bagian belakang lambung. Fungsi dari organ ini adalah memproduksi beberarpa hormon seperti insulin, glucagon, dan beberapa jenis enzim yang diperlukan oleh sistem pencernaan.

Saat kita mengonsumsi alkohol, maka pankreas akan memetabolismenya dan bisa memberikan efek beracun bagi organ tersebut. Pankreas kemudian mengalami peradangan yang cukup parah dan jika hal ini sering terjadi, maka risiko untuk terkena kanker pankreas meningkat dengan signifikan.

Mengonsumsi alkohol dengan berlebihan bisa menyebabkan datangnya pankreatitis, sejenis peradangan pada pankreas dengan gejala nyeri perut yang sangat parah dan muntah-muntah. Pankreatitis juga bisa menjadi salah satu pemicu datangnya kanker pankreas.

Selain kanker pankreas, kebiasaan meminum alkohol dalam jumlah yang banyak juga terkait dengan meningkatnya beberapa jenis kanker lainnya seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker hati, kanker mulut, serta kanker kerongkongan. Dampak lain yang bisa didapatkan jika kita mengonsumsi minuman beralkohol dengan berlebihan adalah meningkatnya risiko terkena penyakit jantung dan gangguan kardiovaskular lainnya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari American Cancer Society, ada baiknya kita membatasi asupan minuman beralkohol maksimal 1 gelas setiap hari bagi wanita dan 2 gelas setiap hari bagi kaum pria.

Hanya saja, banyak pakar kesehatan lainnya yang menganggap efek dari minuman beralkohol jauh lebih besar dari yang kita kira selama ini sehingga lebih menyarankan untuk benar-benar menghindarinya. Selain itu, agar tubuh lebih sehat, pastikan untuk tidak merokok, menjaga pola makan dengan menerapkan keseimbangan nilai gizi, rajin berolahraga, dan tidur dengan waktu yang cukup setiap hari.