Selain Amputasi, Dampak Ini Akan Muncul Akibat Diabetes

Doktersehat-diabetes-melitus-tipe-2

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang berpikir jika diabetes hanya akan menyebabkan efek samping berupa amputasi saja. Padahal, dalam realitanya, penyakit ini juga mampu memberikan dampak yang jauh lebih buruk dan mematikan. Karena alasan inilah penderita diabetes harus benar-benar menerapkan gaya hidup sehat demi mencegah datangnya komplikasi berbahaya.

Menurut pakar kesehatan, diabetes kini telah menjadi penyakit pembunuh nomor 3 di Indonesia. Tingginya kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit ini disebabkan oleh komplikasi seperti serangan jantung yang sudah dikenal bisa menyebabkan kematian.

Meski terlihat tidak terkait. Dalam realitanya salah satu komplikasi yang bisa muncul akibat diabetes yang tak dikelola dengan baik adalah munculnya serangan jantung. Tingginya kadar gula darah di dalam tubuh ternyata mampu membuat penumpukan plak di pembuluh darah arteri jantung yang bisa saja menyebabkan penyumbatan atau gangguan sirkulasi darah. Jika sampai darah kemudian tersumbat oleh plak ini, maka serangan jantung yang sangat mematikan pun bisa saja muncul.

Penyakit lain yang bisa muncul akibat komplikasi diabetes adalah gangguan penglihatan. Lagi-lagi kondisi ini juga disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Hanya saja, kali ini gula darah yang berlebihan akhirnya menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang ada di retina mata yang akhirnya memicu efek berupa penglihatan yang menjadi buram. Dalam dunia medis, kondisi ini lebih sering dikenal sebagai retinopati diabetic.

Komplikasi lainnya yang bisa muncul akibat diabetes adalah gagal ginjal. Kadar gula darah yang sudah sangat berlebihan ternyata berpengaruh besar bagi kesehatan ginjal. Paparan gula darah dalam jumlah tinggi terus menerus bisa memicu kerusakan jaringan yang akhirnya benar-benar merusak fungsi dari ginjal tersebut. Jika sampai gagal ginjal terjadi, maka tubuh tidak lagi memiliki penyaring racun atau zat sisa yang akhirnya bisa membuat kondisi kesehatan semakin memburuk.

Selain organ dalam seperti ginjal, komplikasi diabetes juga bisa berupa kerusakan pada saraf. Tingginya kadar gula darah akan merusak pembuluh darah dan sistemnya di dalam jaringan tubuh. Jika hal ini dibiarkan, sistem pencernaan dan sistem kemih akan mengalami masalah kesehatan. Bahkan, bagi kaum pria, hal ini membuat risiko disfungsi ereksi meningkat.