Waspada, Adu Panco Bisa Mengakibatkan Hal Ini

doktersehat-otot-kram

DokterSehat.Com– Mungkin kita semua sudah tahu dengan sebuah olahraga yang bernama adu panco. Ya, olahraga yang satu ini memang terkesan sebagai olahraganya lelaki yang mengandalkan otot tangan untuk melakukannya. Semakin kuat otot dan tenaga yang dimiliki, maka semakin besar pula tingkat kemenangannya.

Adu panco tak hanya populer di kalangan atlet saja, tapi juga di kalangan masyarakat biasa. Bahkan, banyak sekali jenis kompetisi adu panco yang telah diadakan. Namun, bukannya untuk melatih fisik dan kebugaran, biasanya adu panco digunakan sebagai ajang menunjukkan kekuatan seseorang.

Memang benar, adu panco bisa membuat otot menjadi lebih terlatih dan kuat. Namun, jika dilakukan dengan sembarangan, adu panco justru menjadi masalah besar bagi seseorang. Pasalnya, sampai saat ini tak sedikit orang yang mengalami cedera otot akibat kesalahan dalam melakukan panco. Bahkan, yang menakutkan lagi sampai mengalami kecacat pada tangan.

Tentunya hal itu menjadi sebuah wanti-wanti dan lampu kuning untuk kita bahwa adu panco bukanlah sebuah olahraga yang sembarangan bisa dilakukan. Sebab, adu panco sendiri memerlukan latihan khusus dan dididik oleh tenaga profesional. Jadi, jika kita bukanlah atlet panco, maka sebaiknya tidak melakukan aktivitas yang berat dan menyiksa otot ini. Apalagi sampai menantang lawan yang kekuatannya jauh lebih besar dari kita.

Sebab, selain cedera otot, ada satu lagu dampak berbahaya dan cukup mengerikan dari adu panco yang salah, yakni tendinitis. Jadi, tendinitis adalah cedera yang ditandai dengan kondisi tulang menjadi keluar dari tempatnya. Biasanya kondisi ini akan terjadi pada daerah siku. Akibatnya, siku menjadi panas, nyeri, dan bahkan susah digerakkan.

Jika memang hanya sekedar ingin menguji kekuatan lengan, Anda bisa melakukan panco terhadap lawan yang seimbang. Namun ingat, jangan dilakukan berulang-ulang dalam satu waktu karena efeknya tidak baik bagi pemula seperti Anda.