Terbit: 12 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda penggemar steak? Jika Anda termasuk salah satu penggemar steak maka tentu sudah mengenal jenis steak sirloin atau tenderloin, kan? Namun, tahukah Anda mana pilihan yang lebih sehat antara steak sirloin atau tenderloin?

Steak Daging Sirloin Atau Tenderloin, Mana Yang Lebih Sehat?

Meskipun sama-sama bagian daging sapi, namun ada cukup banyak perbedaan mendasar antara steak daging sirloin dan tenderloin, diantaranya adalah:

1. Letak daging

Hal utama yang membedakan kedua jenis daging ini tentu saja adalah bagian dimana daging ini berada. Kedua jenis daging ini sama-sama berada pada bagian batas antara pinggang dan panggul sapi.

Namun, tenderloin atau daging has luar berada diantara, atau diapit, bagian-bagian daging sirloin. Sedangkan daging sirloin, atau daging has dalam, terbagi atas bagian atas dan bawah yang mengapit daging tenderloin.

2. Tingkat kelembutan daging

Letak daging seperti yang telah disebutkan di atas ternyata memengaruhi kelembutan daging lho.

Bagian daging tenderlion yang berada diantara daging sirloin cenderung lebih lembut. Hal ini tentu wajar karena bagian daging tersebut adalah bagian yang paling jarang digerakkan sehingga tidak banyak jaringan otot yang terbentuk.

Lain dengan sirloin yang letaknya mengapit tenderloin yang menyebabkan otot lebih banyak digunakan sehingga kelembutan dagingnya tidak sebaik tenderloin.

3. Perbedaan harga daging

Dengan dua perbedaan di atas, maka tentu tidak heran jika daging tenderloin memiliki harga lebih mahal karena tingkat kelembutan daging yang baik. Selain itu daging tenderloin juga hanya dapat diperoleh dalam jumlah yang sedikit.

Lalu, apakah daging tenderloin adalah pilihan daging yang paling sehat?

Berbagai perbedaan memang mengunggulkan steak daging tenderloin ya. Namun ternyata jika dilihat dari sisi kandungan gizinya daging sirloinlah yang sebaiknya harus dipilih. Mengapa?

Berdasarkan data dari US Departement of Agriculture, 100 gram daging tenderloin mengandung 24,6 gram lemak sedangkan 100 gram daging sirloin hanya mengandung 14,2 gram lemak.

Kandungan lemak yang tinggi pada daging tenderloin tentu lumrah terjadi karena tenderloin merupakan bagian daging yang cukup jarang digerakkan otot tidak banyak terbentuk sehingga lemak menjadi menumpuk.

Nah, mana steak daging yang Anda pilih, sirloin atau tenderloin?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi