Daging Merah Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar

cara-menyimpan-daging-di-kulkas-doktersehat
Photo Source: Flickr/dinesarasota

DokterSehat.Com– Meskipun dikenal luas sebagai bahan makanan yang nikmat, dalam realitanya daging merah memang harus dibatasi konsumsinya. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak dan kolesterol di dalamnya yang cukup tinggi. Dikatakan juga bahwa daging merah sebabkan kanker usus besar, benarkah?

Kandungan-kandungan di dalam daging merah dikhawatirkan bisa memicu datangnya berbagai penyakit berbahaya. Bahkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Journal of Cancer mengungkap fakta bahwa konsumsi daging merah memang bisa meningkatkan risiko kanker usus besar, khususnya bagi kaum hawa.

Dalam penelitian yang dilakukan di University of Leeds ini, para peneliti mengecek bagaimana efek dari kebiasaan mengonsumsi daging unggas, daging merah, dan daging ikan pada risiko kanker kolon atau kanker rektum. Hasilnya adalah, rutin mengonsumsi daging merah memang terkait erat dengan peningkatan risiko terkena kanker usus besar distal.

Menurut National Cancer Institute, kanker kolon distal terjadi pada bagian terakhir kolon yang terdiri dari kolon desendens, bagian sisi kiri dari usus besar dan kolon sigmoid atau bagian kolon yang menjadi penghubung ke rektum atau anus.

“Dampak dari sering mengonsumsi daging merah ternyata memang terkait dengan kanker usus besar atau kanker kolorektal. Karena alasan inilah kami menyarankan konsumsi dari bahan makanan ini sebaiknya dibatasi,” ungkap penulis dari penelitian ini, dr. Diego Rada Fernandez de Jauregui.

Dalam penelitian ini, 32.147 wanita dari Inggris, Skotlandia, dan Wales dikumpulkan. Data dari para wanita ini diambil selama 17 tahun sejak tahun 1995-1998. Di akhir penelitian, dihasilkan fakta bahwa terjadi 462 kasus kanker kolorektal diantara para wanita ini. Dari total jumlah kasus ini, 335 diantaranya adalah kanker usus besar dan 119 sisanya adalah kasus kanker kolon distal.

Risiko kanker kolon distal justru menurun pada wanita yang jarang mengonsumsi daging merah.

“Penelitian kami membuktikan bahwa konsumsi daging bisa mempengaruhi bagian usus besar dan kolorektum. Karena alasan inilah pola makan yang sehat harus kita terapkan setiap hari demi mencegah kedatangan dari penyakit ini,” jelas Janet Cade yang juga terlibat dalam penelitian ini.

Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk lebih sering mengonsumsi daging ikan yang jauh lebih sehat dibandingkan dengan daging merah demi mencegah datangnya berbagai macam penyakit.