Terbit: 30 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Bersin adalah mekanisme tubuh yang wajar terjadi saat hidung merasa ada benda asing yang memasuki saluran pernapasan. Mekanisme ini bisa membuat benda asing ini keluar dan tidak memberikan dampak buruk bagi tubuh. Hanya saja, terkadang kita merasakan nyeri pada dada saat bersin. Apakah hal ini menandakan adanya masalah kesehatan?

Dada Terasa Sakit Saat Bersin, Berbahayakah?

Penyebab Dada Terasa Sakit Saat Bersin

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa menyebabkan dada terasa nyeri saat bersin. Berikut adalah berbagai penyebab tersebut.

  1. Terjadi Ketegangan pada Otot

Salah satu hal yang paling sering menyebabkan sensasi nyeri pada dada saat bersin adalah terjadinya nyeri otot. Dalam beberapa kasus, nyeri atau kaku otot bisa terjadi pada otot tulang rusuk. Pakar kesehatan menyebut sekitar 49 persen dari total kasus nyeri pada dada ini diebabkan oleh hal ini. Beruntung, hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena biasanya akan mereda dengan sendirinya.

Biasanya, tegang otot pada dada atau tulang rusuk ini disebabkan oleh postur tubuh yang tidak benar, kebiasaan mengangkat beban yang terlalu berat, hingga cedera pada otot.

  1. Mengalami Pleuritis

Pleuritis adalah masalah peradangan yang terjadi pada pleura, selaput pemisah paru dan dinding dada. Peradangan inilah yang membuat kita merasakan nyeri pada dada saat bersin atau sedang batuk. Sensasi nyeri ini biasanya akan terasa layaknya ditusuk atau bahkan terbakar saat menarik napas. Dalam beberapa kasus, hal ini juga bisa membuat saluran pernapasan dipenuhi dengan cairan sehingga bisa berimbas pada infeksi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Beberapa penyebab dari masalah pleuritis adalah infeksi bakeri pneumonia, infeksi jamur, penggumpalan darah, munculnya kanker atau tumor, hingga adanya cedera atau luka di dalam dada.

  1. Disebabkan oleh Asma

Asma juga bisa menyebabkan gejala batuk-batuk atau bersin. Jika sampai hal ini terjadi, napas yang awalnya sudah terasa sesak akan disertai dengan gejala nyeri pada dada. Selain rasa nyeri, pakar kesehatan menyebut ada beberapa gejala lain yang bisa dialami seperti hidung yang berair sehingga membuat kita sering bersin-bersin, hidung yang tersumbat, sesak napas dan sensasi gatal pada mata, dan sensasi tubuh yang selalu lelah.

  1. Dipicu oleh Masalah Heartburn

Masalah heartburn atau refluks asam lambung bisa menyebabkan sensasi nyeri dan terbakar pada dada. Hal ini disebabkan oleh asam lambung yang sudah mencapai kerongkongan atau bahkan pangkal mulut. Jika kita sampai batuk-batuk atau bersin, akan membuat sensasi nyeri dan terbakar ini akan semakin terasa.

Jika kondisi tak kunjung mereda, pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

  1. Disebabkan oleh Infeksi Paru

Pakar kesehatan menyebut sensasi nyeri dada yang muncul saat batuk atau bersin-bersin bisa jadi menandakan bahwa paru-paru sedang mengalami infeksi. Biasanya, hal ini disertai dengan gejala lain seperti batuk kering, batuk berdahak, ingus yang berwarna kekuningan atau kehijauan, pegal-pegal, hingga demam.

  1. Dipicu oleh Arthritis

Arthritis atau nyeri sendi berjenis costochondritis bisa menyebabkan nyeri pada penghubung tulang rusuk dan tulang dada. Kondisi ini memang tidak begitu serius, namun bisa menyebabkan sensasi nyeri yang tidak nyaman, termasuk pembengkakan pada dada.

Gejala lain dari masalah kesehatan ini adalah sensasi nyeri pada dada bagian kiri dengan rasa nyeri yang tajam atau tekanan, sensasi nyeri pada lebih dari satu tulang rusuk, dan akan memburuk saat kita batuk, bersin, atau menarik napas dalam-dalam.

 

Sumber

  1. Iftikhar, Noreen. 2019. 11 Causes of Chest Pain When Sneezing. https://www.healthline.com/health/chest-pain-when-sneezing. (Diakses pada 30 Januari 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi