Cuma Duduk-Duduk Saja, Mengapa Main Catur Dianggap Olahraga?

bermain-catur-doktersehat
Photo Credit: Flickr/ Till Westermayer

DokterSehat.Com– Jika kita membicarakan olahraga, hal pertama yang akan kita pikirkan adalah aktifitas fisik yang membuat kita banyak bergerak dan mengeluarkan keringat. Namun, ada sebuah olahraga yang dilakukan dengan duduk-duduk saja, yakni main catur. Banyak orang yang heran bagaimana bisa catur yang membuat kita justru tidak banyak bergerak ini bisa dianggap dengan olahraga.

Photo Credit: Flickr/ Till Westermayer

Pakar kesehatan menyebut catur sebagai olahraga yang melatih otak. Meskipun terlihat santai-santai saja, kita sebenarnya mengeluarkan energi yang cukup banyak untuk memainkannya. Apalagi catur termasuk dalam olahraga yang menguras pikiran, konsentrasi, dan memaksa kita untuk melakukan strategi yang tepat. Dengan memainkannya, kita harus pandai-pandai memprediksi beberapa langkah ke depan sehingga bisa melakukan serangan atau pertahanan yang baik. Karena alasan inilah mereka yang pandai bermain catur termasuk dalam orang-orang yang cenderung lebih cerdas dan berpikir panjang. Tak hanya itu, dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul The New England Journal of Medicine, rajin main catur bisa mencegah datangnya alzheimer dan demensia.

Catur adalah olahraga yang bisa dimainkan oleh siapa saja tanpa mengenal umur dan jenis kelamin. Jika kita memainkan olahraga ini sejak kecil, maka otak kita pun akan menjadi lebih cerdas karena terbiasa menyiapkan banyak sekali rencana dalam menghadapi berbagai macam permasalahan, tak hanya saat bermain catur saja.

Jadi, meskipun memang terlihat duduk-duduk saja, bermain catur memang membutuhkan tubuh yang berada dalam kondisi fit dan bugar. Selain itu, energi yang dihabiskan untuk melakukannya juga cukup banyak sehingga bisa membuat kita merasa letih setelah memainkannya.

Setelah mendengar penjelasan ini, apakah anda masih ragu jika catur termasuk dalam olahraga?