Cucu Selamatkan Kakek dari Kematian karena Diabetes

cucu_kakek_diabetes_doktersehat_1
Photo Source: Peter Goddard/Caters News

DokterSehat.Com– Anak berusia 6 tahun bernama Aiden Smith dari Walsall, West Mids, Inggris, secara luar biasa berhasil menyelamatkan kakeknya yang sudah berusia 73 tahun, Brian Clark. Di usia yang sangat muda ini, Aiden tahu bahwa kakeknya mengalami hipoglikemia yang bisa mematikan.

Dilansir dari Story Trender, Brian terkena serangan hipoglikemia yang membuat tubuhnya tak bisa bergerak dan tak bisa berbicara. Alih-alih panik, Aiden langsung mencari alat tes gula darah yang dimiliki kakeknya karena sering melihat kakeknya menggunakan peralatan tersebut.

Hasil tes dari alat ini menunjukkan bahwa kondisi gula darah sang kakek sangat rendah, yakni di angka 1.0. Aiden tahu bahwa kakeknya membutuhkan asupan gula secepatnya. Ia pun segera mengambil Jelly Babies, sejenis camilan manis dan menyuapkannya kepada kakeknya.

Tindakan cekatan yang dilakukan Aiden berhasil menyelamatkan sang kakek dari kemungkinan terkena koma yang fatal.

“Aku sangat bangga dengan Aiden. Dia luar biasa cerdas. Istriku sedang berbelanja keluar jadi saat itu hanya ada aku dan Aiden. Saat itu aku tiba-tiba saja tidak mampu menggerakkan tubuh dan tak bisa berbicara. Aiden tahu aku sedang dalam masalah dan langsung mencari cara untuk menolongku. Selama 10 menit, ia sangat tenang dan berusaha untuk menyuapkan jeli ke mulutku hingga kondisiku semakin membaik,” ucap Brian.

Aiden memang sering datang ke rumah kakeknya di akhir pekan. Biasanya, neneknya yang sudah berusia 70 tahun, Sandra, juga ada di rumah, namun saat itu ia sedang pergi keluar.

Setelah memberikan jeli, kadar gula Brian naik hingga ke angka 3.6 dalam waktu 10 menit saja. Setelahnya, kondisinya semakin membaik hingga istrinya pulang ke rumah.

Aiden yang merupakan penderita asma memiliki cita-cita sebagai petugas medis di masa depan. Dengan kecekatannya menyelamatkan nyawa sang kakek meski tidak pernah mendapatkan pelatihan pertolongan pertama sebelumnya, impiannya ini sepertinya bisa diraih dengan baik.