Pastikan Untuk Cuci Tangan Setelah Memegang 7 Benda Ini

cara-cuci-tangan-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya penyakit adalah rajin mencuci tangan. Biasanya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mencuci tangan sebelum makan atau setelah menggunakan toilet. Hanya saja, kita juga sebaiknya mencuci tangan setelah menyentuh cukup banyak benda yang kita gunakan setiap hari karena benda-benda ini juga memiliki kotoran atau bakteri yang bisa memicu datangnya penyakit.

Mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda ini.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh benda-benda tertentu. Apalagi jika benda-benda ini juga disentuh oleh banyak orang.

Berikut adalah benda-benda tersebut.

  1. Uang

Kita pasti menyentuh uang setiap hari, bukan? Mengingat fungsinya sebagai alat tukar untuk mendapatkan berbagai barang yang kita butuhkan, dalam realitanya uang telah dipegang oleh banyak orang. Berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa selembar uang kertas memiliki banyak sekali bakteri dan virus penyebab penyakit. Karena alasan inilah kita sebaiknya mencuci tangan setelah memegangnya.

  1. Gagang pintu

Selain uang, kita juga pasti memegang gagang pintu baik itu di dalam rumah, sekolah, kantor, atau tempat-tempat umum lainnya, bukan? Gagang pintu juga dipegang oleh banyak orang, termasuk orang-orang yang bisa saja sedang berada dalam kondisi sakit. Jika kita memegangnya dan kemudian tidak mencuci tangan, bisa jadi kita akan tertular penyakit dari orang lain.

Selain gagang pintu, kita juga harus memperhatikan pegangan tangan di transportasi umum, eskalator, atau bahkan tombol ATM dan lift yang juga pasti telah disentuh oleh banyak orang.

  1. Pulpen

Tahukah Anda jika pulpen yang bisa ditemukan di kantor memiliki kuman dengan jumlah 10 kali lebih banyak dari yang ada di dalam toilet? Selain sering dipegang, pulpen juga bisa saja disentuh oleh hewan atau terkena kotoran. Kita sebaiknya mencuci tangan jika baru saja menyentuhnya. Selain itu, jangan membiasakan diri untuk menggigit pulpen karena hal ini akan membuat bakteri masuk ke dalam tubuh kita dengan mudah.

  1. Hewan

Meskipun hewan ini adalah yang kita pelihara sendiri, pastikan untuk mencuci tangan setelah menyentuhnya. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan adanya virus atau bakteri pada bulu, hidung, dan air liur hewan tersebut.

  1. Menu makanan di tempat makan

Menu makanan yang tersedia di restoran, kafe, kedai, dan tempat makan lainnya juga pasti dipegang oleh orang banyak. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Arizona bahkan membuktikan bahwa selembar menu makanan memiliki lebih dari 185 ribu bakteri. Hal ini berarti, pastikan untuk mencuci tangan setelah memegang menu tersebut, bukannya mencuci tangan sebelum memegangnya.

  1. Talenan dapur

Talenan dapur adalah salah satu benda yang paling sering kita gunakan untuk memasak. Masalahnya adalah kita sering memotong bahan makanan mentah pada talenan ini. Setelah menyentuhnya, pastikan untuk mencuci tangan agar kita tidak memasukkan bakteri ke dalam tubuh. Selain itu, pastikan untuk mencuci bersih talenan setelah digunakan dan memisahkan talenan untuk makanan mentah, makanan matang, sayuran, dan daging-dagingan.

  1. Ponsel

Banyak orang yang menganggap remeh keberadaan ponsel atau gawai lainnya. Padahal, ponsel juga dipenuhi dengan kuman atau bakteri penyebab penyakit. Pastikan untuk mencuci tangan setelah memegangnya, apalagi jika kita akan makan atau menyentuh muka. Selain itu, jangan sekali-kali membawa ponsel ke toilet saat buang air besar demi mencegah kontaminasi bakteri dan jangan sembarangan meletakkan ponsel di sembarang tempat.