Terbit: 11 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagian orang menyebutkan bahwa saat cuaca panas, nafsu makan kita cenderung menurun drastis sehingga tidak mudah merasa lapar. Sebenarnya, apakah memang cuaca panas bisa mempengaruhi nafsu makan seseorang?

Cuaca Panas Bisa Menurunkan Nafsu Makan?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa cuaca panas memang bisa mempengaruhi sistem metabolisme tubuh kita. Hal ini disebabkan oleh sebagian besar tubuh kita yang terdiri dari air sehingga membuat tubuh mengubah sistem metabolismenya saat cuaca sedang sangat panas. Cuaca panas akan membuat tubuh kita banyak berkeringat sehingga jumlah cairan tubuh pun akan berkurang drastis.

Tubuh pun akan mengeluarkan sinyal kekurangan cairan demi mengakomodasi banyaknya keringat yang diproduksi demi mendinginkan suhu tubuh akibat suhu udara yang sangat panas. Alhasil, otak akan cenderung mencari sumber air alih-alih sumber makanan saat cauca panas dan kita pun akan merasakan sensasi segar luar biasa saat minum air.

Karena otak sibuk mencari sumber air, maka kita pun tidak akan mudah merasa lapar karena memang tubuh lebih membutuhkan air minum saat cuaca panas daripada makanan yang mengenyangkan perut.

Melihat adanya fakta ini, kita tidak perlu heran saat merasa tidak mudah lapar dikala cuaca sedang panas terik. Bukannya tubuh tidak membutuhkan makanan, namun tubuh memang hanya sedang lebih membutuhkan air lebih banyak demi mencegah datangnya dehidrasi.

Hanya saja, saat tubuh mulai kehilangan energi, tetap saja perut akan mengeluarkan sensasi lapar agar kita mengonsumsi makanan sebagai sumber energi meskipun cuaca sedang panas. Bahkan, ada sebagian orang yang tetap mudah merasa lapar meskipun suhu udara sangat panas.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi