Terbit: 13 Januari 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Crystal healing therapy adalah sejenis meditasi untuk meningkatkan energi dan ketenangan menggunakan batu kristal tertentu. Ketahui apa itu crystal healing therapy, manfaat, jenis, cara kerja, dan efektivitasnya. 

Crystal Healing Therapy: Manfaat, Cara Kerja, Efek Samping, dll

Apa Itu Crystal Healing Therapy

Crystal healing adalah sejenis terapi menggunakan batu permata atau batu kristal yang ditempatkan pada titik tubuh tertentu untuk menyerap energi positif dan mengeluarkan energi negatif dalam tubuh. Tujuan crystal healing therapy adalah untuk keseimbangan jiwa dan raga, ketenangan, dan dikaitkan untuk tujuan kesehatan fisik juga. 

Crystal healing therapy mengadopsi pengobatan kuno dari kebudayaan Asia, tepatnya filosofi Hindu dan Budha. Batu kristal dianggap sebagai perantara untuk sirkulasi aliran energi baik dan buruk yang kemudian akan memberikan manfaat secara fisik dan emosional. 

Pada dasarnya, fokus dari crystal healing therapy adalah sebagai refleksi, relaksasi, mindfulness, dan penerimaan diri. Konsep penyembuhan secara fisik dan mental ini mungkin serupa dengan meditasi, yoga, dan tai chi. Walaupun demikian, tidak ada bukti medis yang bisa memastikan manfaat crystal healing therapy untuk kesehatan fisik dan mental. 

Cara Kerja Crystal Healing Therapy

Penyembuhan dengan batu kristal sudah dipraktikan sejak setidaknya 6.000 tahun lalu dari masa Sumeria kuno Mesopotamia dan zaman Mesir kuno. Sementara filosofi dan konsep crystal healing therapy diadopsi dari konsep chakra Hindu atau Buddha dan konsep energi dari Cina (chi atau qi). 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Cara kerja penyembuhan ini dengan menggunakan media batu kristal atau batu permata sebagai pusaran energi kehidupan untuk menghubungkan elemen fisik dan supernatural tubuh serta memanggil energi baik masuk ke tubuh. Beberapa jenis batu kristal juga dipercaya dapat mencegah penyakit, namun belum ada landasan medis terkait manfaat crystal healing therapy. Sebagian besar keberhasilan diperkirakan hanyalah efek plasebo. 

Baca Juga: 13 Manfaat Yoga, Baik untuk Kesehatan Mental hingga Fisik

Manfaat Crystal Healing Berdasarkan Jenisnya

Crystal healing therapy diklaim memiliki manfaat untuk kesehatan mental dan fisik, walaupun belum ada bukti atau penjelasan medis yang mendasarinya. Setiap jenis dan warna batu kristal juga dipercaya memiliki khasiat berbeda, seperti amethyst stone dipercaya efektif untuk mengatasi masalah usus dan batu aventurine hijau dapat menjaga jantung. 

Ketahui lebih banyak tentang manfaat crystal healing berdasarkan jenisnya, sebagai berikut: 

1. Sapphire

Batu safir berwarna biru cantik yang melambangkan kebijaksaan dan royalti atau kedudukan. Dalam energi emosional, batu safir dikatakan dapat mendatangkan kebahagiaan, kemakmuran, dan keindahan.

Sementara untuk kesehatan fisik, beberapa kalangan mengklaim batu safir dapat membantu mengatasi masalah mata, kelainan darah, dan meningkatkan produksi sel-sel penting. Mereka juga percaya khasiat batu safir untuk meredakan gejala gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, dan insomnia. 

2. Ruby

Anda mungkin pernah mendengar tentang batu rubi sebagai salah satu jenis perhiasan yang mahal dan mewah. Dalam konsep crystal healing therapy, batu ruby yang berwarna merah ini dapat meningkatkan energi positif dan vitalitas seseorang. 

Batu rubi juga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan, sensualitas, dan gairah seksual. Sementara pada kepercayaan zaman kuno, orang-orang dari kalangan tertentu di masa itu menggunakan batu rubi untuk mengeluarkan racun dari darah serta melancarkan peredaran darah. 

3. Rose Quartz

Rose quartz adalah batu kristal berwarna merah muda yang cantik untuk melambangkan cinta. Orang yang menggunakan batu rose quartz dapat menciptakan harmoni, kepercayaan, cinta, dan kedekatan pada orang lain yang tercinta. Selain itu, pemilik rose quartz juga akan merasa lebih tenang walaupun sedang dalam suasana kehilangan atau berduka. 

4. Clear Quartz

Clear quartz berwarna putih bening untuk mengatur dan menyerap energi baik. Orang-orang juga menyebut batu kristal ini sebagai “master healer” atau “ahli penyembuh”. Orang yang menggunakan batu clear quartz diklaim akan memiliki konsentrasi dan ingatan yang lebih baik. 

Manfaat crystal healing therapy dengan batu ini untuk meningkatkan sistem imun serta menyeimbangkan jiwa dan raga. Orang-orang suka menggunakan clear quartz dengan rose quartz secara bersamaan untuk manfaat yang lebih lengkap. 

5. Turquoise

Kristal berwarna biru turquoise diklaim mampu membantu menyembuhkan jiwa, raga, emosi, spiritual, dan pikiran. Turquoise juga diklaim dapat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, kerangka, dan sistem pernapasan orang yang menggunakannya. 

6. Citrine

Batu citrine dikatakan dapat membawa kebahagiaan, keajaiban, semangat hidup, motivasi, dan kehangatan dalam hidup. Orang yang menggunakan batu citrine dapat meredakan rasa ketakutan, pikiran negatif, serta meningkatkan konsentrasi dan kreativitas. 

7. Tiger’s Eye

Peminatnya menggunakan batu kristal jenis tiger’s eye untuk meningkatkan kekuatan diri, motivasi, harmoni, dan keseimbangan dalam diri. Batu kristal yang berbentuk seperti mata harimau berwarna emas menyala ini diklaim dapat mengeluarkan energi negatif dari seseorang, termasuk rasa ketakutan, kegelisahan, kekacauan, dan keraguan pada diri sendiri. 

8. Amethyst

Batu amethyst berwarna ungu cantik dilambangkan sebagai kerendahan hati, ketulusan jiwa, kebijaksanaan, dan nilai spiritual yang tinggi. Orang yang menggunakan jenis batu kristal ini akan dapat membersihkan pikiran negatif dan menyembuhkan jiwa. Dari segi kesehatan fisik, amethyst stone diklaim dapat membersihkan darah dan meredakan rasa sakit. 

9. Moonstone

Moonstone untuk meningkatkan kekuatan dan pertumbuhan batin, menyeimbangkan jiwa, mengatasi stres, dan mendukung kesuksesan. Orang yang menggunakan batu kristal jenis ini akan berpikir positif, penuh inspirasi, dan selalu beruntung. 

10. Bloodstone

Bloodstone adalah batu kristal yang diklaim dapat melancarkan peredaran darah dan mengeluarkan energi negatif dari dalam diri. Orang yang menggunakan bloodstone akan merasa lebih tenang, peduli, kreatif, dan damai. 

Itulah pembahasan tentang jenis batu kristal penyembuh dan manfaatnya. Ada lebih banyak jenis batu kristal dengan berbagai klaim manfaat untuk kesehatan mental dan fisik, namun semua itu tidak berdasarkan bukti medis. 

Baca Juga: 5 Cara Meditasi untuk Pemula dan Tips Lainnya

Cara Menggunakan Crystal Healing Therapy

Batu kristal —tergantung bentuk, warna, dan jenisnya— diletakkan pada titik-titik energi di tubuh, seperti: 

  • Dahi 
  • Dada 
  • Perut 
  • Tangan
  • Titik mata ketiga atau di tengah kening 
  • Area genital 

Lalu, pejamkan mata Anda agar bisa fokus dalam keadaan tenang. Caranya sama seperti meditasi pada umumnya. Sebagian orang juga cenderung lebih suka menggunakan batu kristal sebagai aksesoris dan perhiasan sekaligus untuk penyembuhan. Ada juga yang menyimpannya di kantong pakaian sepanjang hari untuk membantu memberikan efek positif sehari-hari.

Efek Samping Crystal Healing Therapy

Tidak ada landasan atau lisensi yang mendasari crystal healing therapy, juga tidak ada landasan medis atas klaim kesehatan terkait manfaat batu kristal untuk kesehatan Seseorang mungkin menggunakan batu kristal sebagai aksesori tambahan saat meditasi dan refleksi. Hal yang terpenting adalah mengelola konsentrasi, fokus, dan kekuatan dari dalam tubuh dengan meditasi tersebut. 

 

  1. ELLE. 2020. From types of crystals, how they work and when to use them, ELLE explores the crystal healing craze. https://www.elle.com/uk/life-and-culture/culture/articles/a31572/what-are-healing-crystals-how-to-use-them/. (Diakses pada 13 Januari 2020). 
  2. Estrada, Jessica. 2018. 8 Ways to Use Healing Stones to Spark Major Changes in Life. https://www.wellandgood.com/how-to-use-healing-stones/. (Diakses pada 13 Januari 2020). 
  3. Palermo, Elizabeth. 2017. Crystal Healing: Stone-Cold Facts About Gemstone Treatments. https://www.livescience.com/40347-crystal-healing.html. (Diakses pada 13 Januari 2020). 
  4. Rekstis, Emily. 2019. Healing Crystals 101. https://www.healthline.com/health/mental-health/guide-to-healing-crystals. (Diakses pada 13 Januari 2020). 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi