Terbit: 14 Oktober 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cream temulawak menjadi produk perawatan kecantikan yang cukup populer di Indonesia. Banyak klaim kecantikan yang ditawarkan dari produk ini mulai dari mengatasi jerawat hingga memutihkan kulit. Bagaimanakah dengan keamanan penggunaannya? Berikut adalah berbagai hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan krim temulawak!

Cream Temulawak: Manfaat, Efek Samping, Tips Memilih Produk

Manfaat Cream Temulawak untuk Wajah

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah salah satu tanaman tradisional yang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Sama seperti “saudaranya”, yaitu kunyit, temulawak juga dipercaya memiliki manfaat untuk kecantikan.

Sebagai produk perawatan kecantikan, tentunya krim ini digadang-gadang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Harganya yang juga cukup terjangkau membuat krim ini banyak membuat krim ini banyak diminati.

Berikut adalah beberapa manfaat dari krim temulawak untuk kecantikan wajah:

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat cream temulawak yang pertama adalah dapat membantu mengatasi jerawat.

Jerawat timbul akibat menumpuknya minyak dan juga kotoran di pori-pori wajah. Ketika pori-pori tersumbat, maka terjadilah infeksi bakteri yang kemudian membentuk jerawat. Penelitian menunjukkan adanya aktivitas antioksidan dan antibakteri pada ekstrak temulawak.

Kandungan alpha-curcumene pada temulawak bertanggung jawab untuk menghambat aktivitas lipase yang terkait dengan pembentukan jerawat. Sedangkan kandungan yang berkontribusi untuk menghambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes adalah xanthorrhizol.

2. Mencerahkan Kulit

Manfaat selanjutnya yang juga tidak kalah menarik adalah kemampuannya untuk mencerahkan kulit.

Manfaat ini kemungkinan didapatkan karena adanya aktivitas penghambatan tirosinase pada ekstrak temulawak. Tirosinase adalah enzim yang berkontribusi dalam pembentukan pigmen melanin kulit. Semakin tinggi kadar melanin pada kulit, maka semakin gelap warna kulit.

3. Menenangkan Kulit

Sama seperti kunyit, temulawak juga mengandung zat yang disebut dengan curcumin.

Senyawa ini memiliki efek antiinflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan pada kulit. Berkat sifatnya ini, temulawak dipercaya dapat membantu menenangkan kulit dan bahkan membuat luka pada kulit lebih cepat sembuh.

4. Mencegah Penuaan

Manfaat selanjutnya adalah dapat mencegah penuaan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak temulawak dan xanthorrhizol memiliki aktivitas menekan enzim yang dapat mencegah kerutan terbentuk. Maka dari itu, temulawak berpotensi memiliki manfaat untuk mencegah munculnya tanda penuaan.

5. Menyamarkan Flek Hitam

Krim ini memiliki klaim dapat mencerahkan kulit, sehingga flek hitam di wajah juga dapat terbantu tersamarkan. Meskipun begitu, efek pada setiap orang bisa jadi berbeda-beda bergantung tingkat keparahan flek hitam dan banyak faktor lainnya.

Efek Samping Cream Temulawak

Sebagai bahan alami, temulawak pada dasarnya relatif aman untuk digunakan, kecuali pada Anda yang memiliki hipersensitivitas terhadap tanaman satu ini. Hal yang perlu Anda waspadai justru adalah bahan tambahan lainnya yang terkandung dalam cream ini.

Produk krim temulawak bisa saja mengandung bahan berbahaya seperti merkuri atau paraben. Zat tersebutlah yang bisa menyebabkan efek samping seperti iritasi atau yang lebih berbahaya lagi dapat memicu kanker kulit.

Jika muncul efek samping seperti iritasi kulit, ruam, sensasi terbakar, atau reaksi kulit lainnya, sebaiknya hentikan penggunaan krim untuk mengetahui apakah krim memang menjadi pemicu reaksi tersebut.

Apabila gejala tidak kunjung membaik setelah penggunaan krim, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: 23 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan, Mengatasi Penyakit Ringan Hingga Kronis

Cara Memilih Produk Krim Temulawak yang Aman

Terdapat beberapa merek produk krim temulawak yang beredar di pasaran. Produk dengan merek yang berbeda dapat memiliki kandungan campuran yang juga berbeda, meskipun bahan utamanya tetap ekstrak temulawak.

Sebelum Anda menentukan membeli produk yang mana, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih produk kecantikan:

1. Perhatikan Komposisi Produk

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah komposisi produk. Meskipun dijual sebagai cream temulawak, namun produk ini tentunya tidak terbuat dari 100% ekstrak temulawak. Terdapat beberapa bahan campuran yang dipercaya dapat membuat produk ini bekerja dengan lebih maksimal.

Membaca komposisi produk secara lengkap sangat penting untuk mengetahui bahwa produk yang Anda beli tidak mengandung bahan berbahaya atau bahan yang mungkin membuat Anda alergi.

Dalam produk kecantikan, bahan disebutkan berurutan mulai dari yang kadarnya lebih besar hingga ke yang lebih kecil.

Banyak beredar produk kecantikan yang tidak mencantumkan komposisi lengkap produk. Sebaiknya Anda tidak membeli produk kosmetik tersebut karena ditakutkan produk tersebut merupakan barang palsu yang tidak terbukti keamanannya.

2. Cek Izin Edar BPOM

Di Indonesia, produk obat dan makanan harus memiliki izin edar BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) untuk memastikan keamanannya.

Peredaran produk kosmetik juga berada di bawah pengawasan BPOM, sehingga izin edar BPOM dapat menjadi salah satu tolak ukur aman atau tidaknya produk. Ketika mengecek kemasan suatu produk kosmetik, pastikan izin edar BPOM tertera.

Anda juga dapat memastikan keaslian nomor izin edar suatu produk dengan cara mengeceknya di laman resmi BPOM. Hal ini juga dapat dilakukan untuk memastikan bahwa izin edar yang tertera masih berlaku.

Meskipun produk yang belum memiliki izin edar belum tentu berbahaya, tapi ada baiknya untuk tetap menghindarinya demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Memeriksa Kondisi dan Kemasan Produk

Selain melihat izin edar BPOM dan juga komposisi produk, jangan lupa mengecek kondisi kemasan produk secara keseluruhan.

Pastikan bahwa produk belum memasuki masa kedaluwarsa. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa kemasan produk tidak rusak dan isi produk terjaga dengan baik.

Itu dia informasi tentang krim temulawak yang perlu Anda ketahui. Setiap produk mungkin memiliki petunjuk penggunaan yang berbeda. Gunakan produk sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam kemasan.

 

 

  1. Anonim. 2020. Curcuma xanthorrhiza oil. https://go.drugbank.com/drugs/DB11265. (Diakses 14 Oktober 2020).
  2. Anonim. The top 5 things to look for when choosing skincare products. https://skinpen.com/top-5-things-look-choosing-skincare-products/. (Diakses 14 Oktober 2020).
  3. Batubara, Irmanida et al. 2015. Flower Bracts of Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza) for Skin Care: Anti-acne and Whitening Agents. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1876619615000327. (Diakses 14 Oktober 2020).
  4. Hwang, Jae-Kwan et al. 2007. Use of xanthorrhizol for anti-wrinkle treatment. https://patents.google.com/patent/WO2008156330A1/en. (Diakses 14 Oktober 2020).
  5. Silver, Natalie. 2019. Turmeric for Skin: Benefits and Risks. https://www.healthline.com/health/turmeric-for-skin#1. (Diakses 14 Oktober 2020).
  6. Zefferino, Roberto at al. 2017. Possible Mechanisms of Mercury Toxicity and Cancer Promotion: Involvement of Gap Junction Intercellular Communications and Inflammatory Cytokines. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5752980/. (Diakses 14 Oktober 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi