Terbit: 15 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah berry merupakan jenis buah-buahan yang terkenal akan kandungan antioksidannya. Tidak heran jika buah yang tergolong ke dalam jenis berri-berrian seperti bluberry, stroberi, cranberry hingga raspberry banyak dikonsumsi dan diekstraksi dalam produk-produk perawatan kulit. Tidak hanya daging buahnya saja yang mengandung beragam bahan aktif, belakangan netizen pun dikejutkan dengan manfaat biji cranberry yang diketraksi menjadi minyak esensial. Nah, berikut sejumlah manfaat untuk kulit yang akan Anda dapatkan dari penggunaan minyak biji cranberry.

Cranberry Seed Oil, Pilihan Bahan Alami yang Cegah Penuaan

1. Melembapkan Kulit

Dilansir dari laman Annmarie Gianni, minyak yang terbuat dari biji cranberry mengandung tocotrienols dan juga tocopherols. Dua zat tersebut merupakan jenis dari vitamin E yang juga menjadi sumber dari antoksidan. Vitamin E sendiri merupakan salah satu vitamin yang menjaga agar kulit tetap lembap dan ternutrisi. Sedangkan antioksidan menjadikan kulit lebih terlindungi terlebih dari sinar UV dan bahan-bahan kimia berbahaya.

2. Mencegah Penuaan

Penggunaan minyak yang terbuat dari biji cranberry rupanya juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kulit tetap awet muda. Hal ini dikarenakan adanya kandungan omega-3. omega-6 dan juga omega-9. Ketiga jenis fatty acid tersebut akan menjaga kelembapan kulit sekaligus menstimulasi produksi kolagen sehingga kulit terhindardari garis-garis halus penyebab kerutan.

3. Mencerahkan Kulit

Manfaat lainnya yang dapat dari penggunaan minyak biji cranberry adalah mencerahkan kulit. Sebagai tambahan informasi, minyak biji cranberry juga mengandung zat yang dapat mengeksfoliasi kotoran dan sel kulit mati secara optimal. Selain itu, minyak biji cranberry juga menstimulasi regenerasi sel kulit yang lebih sehat dan kuat.

Siapa yang menyangka jika cranberry ternyata dapat dimanfaatkan secara optimal hingga ke biji buahnya. Bahkan, biji buahnya juga dapat diekstraksi sebagai minyak esensial yang ampuh merawat kesehatan dan kecantikan kulit.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi