Conditioner vs Deep Conditioner, Apa Bedanya?

conditioner-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Seperti halnya perawatan wajah, treatment rambut juga sangat beragam jenisnya. Tak hanya shampoo, ada berbagai produk perawatan rambut lainnya yang juga perlu Anda ketahui dan gunakan demi keindahan dan kesehatan mahkota. Salah satu yang juga cukup dikenal adalah kondisioner.

Namun tahukah Anda, bahwa kondisioner ternyata juga terbagi lagi menurut jenisnya, yaitu daily kondisioner dan deep kondisioner. Tentu saja kedua kondisioner ini memiliki kandungan, manfaat, dan hasil yang berbeda untuk rambut. Kira-kira apa perbedaan keduanya?

Sebagaimana penyebutannya, daily conditioner didesain untuk dapat digunakan setiap hari. Fungsinya adalah untuk merawat bagian permukaan rambut dan mengatasi masalah-masalah ringan yang dialami rambut. Jika diaplikasikan secara teratur, maka conditioner akan membuat rambut sehat terawat, rontok berkurang, dan terlihat bersinar. Fungsi utama produk ini memang untuk menjaga keindahan rambut agar tidak kehilangan keindahannya.

Cara pengaplikasiannya pun cukup sederhana, yaitu hanya dengan mengoleskannya secara merata usai keramas dengan shampoo. Setelahnya, diamkan sebentar sekitar 1-5 menit agar conditioner meresap, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Berbeda dengan kondisioner biasa, deep conditioner memerlukan pengerjaan yang lebih lama, yaitu sekitar 10-30 menit. Fungsi dari produk ini selain untuk merawat permukaan rambut juga memperbaiki kerusakan dalam tingkat yang lebih parah. Perawatan yang diberikan pun menyeluruh hingga bagian terdalam setiap helain rambut. Dengan demikian, efek yang ditinggalkan pun juga lebih lama ketimbang Anda mengenakan daily conditioner.

Pemakaian kondisioner memberikan efek lembut pada rambut. Bedanya, jika Anda mengenakan kondisioner biasa,pemakaian bisa dilakukan sesering mungkin dan keindahan rambut akan bertahan hanya beberapa jam setelah pemakaian. Namun deep conditioner hanya perlu dipakai beberapa minggu sekali namun akan meninggalkan efek hingga beberapa minggu.