Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Merawat kesehatan rambut ternyata tidak boleh sembarangan. Anda juga harus memperhatikan kandungan bahan yang ada di dalam produk perawatan rambut. Apalagi setiap orang memiliki jenis kulit kepala dan rambut yang berbeda-beda. Salah satunya adalah tipe rambut berminyak yang berisiko tinggi mengalami sejumlah masalah seperti rambut lepek hingga peradangan pada kulit kepala. Kendati demikian, tentu Anda juga masih membutuhkan conditioner untuk menjaga kelembapannya. Namun, jangan asal pilih conditioner jika tidak mau rambut menjadi lebih berminyak dan sangat lepek. Berikut sejumlah conditioner alami yang sangat cocok untuk rambut berminyak.

Conditioner Alami untuk Rambut Berminyak

1. Telur

Bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai conditioner untuk rambut berminyak adalah telur. Telur merupakan salah satu sumber protein dan mineral yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan batang rambut. Tidak hanya menjadikan kulit kepala dan rambut lebih lembap, kandungan bahan aktif pada telur juga ampuh mengontrol produksi sebum yang menyebabkan rambut lepek. Selain itu, telur juga membersihkan kotoran mau pun debu yang menempel pada kulit kepala dan rambut secara optimal.

2. Kombinasi Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Dilansir dari laman Beauty Health Tips, Anda juga dapat mengombinasikan dua bahan alami sekaligus. Misalnya saja seperti lidah buaya dan minyak zaitun. Lidah buaya tidak hanya menyerap kelebihan minyak tetapi juga menyegarkan dan meredakan ruam yang ada dikulit kepala. Selain itu, tambahan minyak zaitun akan mengunci kelembapan sel kulit kepala dan rambut. Tidak heran jika conditioner dari kedua bahan ini menjadikan rambut tampak lebih berkilau dan lebat.

3. Avokad

Buah yang dikenal dengan kandungan omega-3 ini memang dapat digunakan untuk menutrisi rambut dan juga kulit kepala. Kandungan fatty acid tersebut tidak hanya melembapkan kulit kepala dan rambut. Namun, juga mampu mencegah produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Biasanya, avokad juga dikombinasikan dengan bahan-bahan lain untuk menambah manfaatnya.

Nah, bahan-bahan di atas tentu saja merupakan bahan yang mudah untuk didapatkan, bukan? Anda pun dapat membuatnya dengan mudah di rumah. Tidak hanya aman karena terbuat dari bahan-bahan alami, conditioner dari bahan-bahan di atas juga dapat mencegah rambut lepek lagi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi