Punya Riwayat Hipertensi? Atasi Saja dengan Makan Cokelat!

makan-cokelat-doktersehat
Photo Source: Flickr/Tatsuo Yamashita

DokterSehat.Com– Cokelat seringkali dianggap sebagai camilan yang menyehatkan. Rasanya yang manis bisa membuat kita menghilangkan stres, memperbaiki suasana hati, dan membuat ide-ide baru bermunculan. Hanya saja, banyak orang yang tidak tahu jika cokelat ternyata juga bisa membantu mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dampak makan cokelat bagi tekanan darah

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh dr. Ana Rodriguez Mateo yang berasal dari King’s College London, Inggris berhasil membuktikan manfaat sehat dari makan cokelat. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa makan cokelat setiap hari dengan dosis yang tepat bisa membantu menurunkan tekanan darah jauh lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan penurun tekanan darah yang diresepkan. Manfaat ini disebabkan oleh adanya kandungan flavanol di dalam cokelat yang cukup tinggi.

Dr. Mateo menyebut asupan flavanol secara rutin memang bisa memberikan pengaruh besar bagi tekanan darah. Dalam penelitian ini, satu dari empat orang dewasa dan tujuh dari sepuluh orang dengan usia lebih dari 65 tahun mendapatkan manfaat penurunan tekanan darah berkat makan cokelat secara rutin.

“Anda harus makan cokelat agar bisa mendapatkan asupan flavanol yang bisa memberikan manfaat kesehatan ini. Hanya saja, mengonsumsinya dengan berlebihan juga kurang sehat karena adanya kandungan lemak dan gula di dalamnya,” ucap dr. Mateo.

Selain makan cokelat, dr. Mateo juga menyarankan kita untuk mengonsumsi suplemen flavanol kakao jika ingin menurunkan tekanan darah dengan signifikan. Penggunaan suplemen ini juga bisa memberikan manfaat lebih baik karena kita tidak perlu mengonsumsi lemak dan gula dari cokelat.

Penelitian lain yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition dilakukan dengan cara melibatkan 45 pria dari Jerman berusia 18 hingga 35 tahun yang berada dalam kondisi sehat. Pria-pria ini melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin dan berkala selama satu bulan. Mereka kemudian dibagi menjadi tiga kelompok, yakni kelompok yang mengonsumsi suplemen flavanol kakao dosis tinggi, kelompok yang mengonsumsi suplemen flavanol kakao dosis rendah, dan yang hanya mengonsumsi pil yang tidak berisi apapun.

Hasil dari penelitian ini adalah, kelompok pria yang mengonsumsi suplemen flavanol monomeric epicatechi dosis tinggi mengalami penurunan tekanan darah dengan signifikan. Hanya saja, mereka yang mengonsumsi suplemen flavanol dalam dosis yang lebih rendah cenderung mengalami penurunan tekanan darah yang tidak begitu besar.

Mengenal flavanol

Flavanol termasuk dalam senyawa kimia yang bisa membantu meningkatkan fungsi dari organ kardiovaskular seperti jantung atau pembuluh darah. Menurut dr. Miriam Ferrer yang berasal dari Cambridge Nutraceuticals, disebutkan bahwa flavanol bisa membantu menurunkan tekanan darah sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Hanya saja, efek ini baru bisa benar-benar didapatkan jika dosis flavanol yang dikonsumsi cukup tinggi.

Menurunkan tekanan darah

Meskipun makan cokelat bisa membantu menurunkan tekanan darah, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsinya dengan berlebihan karena adanya kandungan gula dan lemak yang tinggi. Hal ini berarti, kita tidak bisa hanya mengandalkan makanan lezat ini.

Jika ingin menurunkan tekanan darah dengan efektif, kita sebaiknya mengatur pola makan menjadi lebih sehat seperti dengan menurunkan asupan garam dan makanan berlemak, berolahraga dengan teratur, mengendalikan stres dengan lebih baik, tidur cukup setiap hari, serta menghindari minuman beralkohol dan kebiasaan merokok. Selain itu, kita juga sebaiknya menjaga berat badan tetap ideal karena jika sampai berat badan melebihi batas normal, maka risiko untuk terkena hipertensi juga akan meningkat.