Cokelat Hitam Bisa Turunkan Kolesterol?

cokelat-doktersehat
Photo Source: Flickr/russellstreet

DokterSehat.Com– Tak hanya termasuk dalam camilan yang lezat dan nikmat, cokelat juga dikenal luas sebagai camilan yang menyehatkan. Sebagai contoh, camilan ini disebut-sebut bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Sebenarnya, apakah memang cokelat memiliki kemampuan ini.

Ada banyak sekali jenis cokelat yang bisa kita konsumsi. Sebagai contoh, kita mengenal cokelat berjenis unsweetened yang terdiri dari kakao 100 persen, bittersweet yang terdiri dari 35 hingga 99 persen kakao, sweet yang terdiri dari 15 hingga 34 persen kakao, dan milk chocolate yang memiliki kandungan kakao kurang dari 10 persen. Kebanyakan cokelat yang kita konsumsi sehari-hari adalah yang berjenis milk chocolate karena rasanya yang paling manis. Sayangnya, cokelat ini kaya akan kandungan lemak susu dan minim kakao sehingga manfaat kesehatannya tidak begitu terasa.

Sebagai informasi, kakao kaya akan kandungan flavonoid yang bisa memberikan manfaat berupa menurunkan tekanan darah. Flavonoid juga menyehatkan pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol. Semakin tinggi kadar kakao dalam cokelat, semakin banyak kandungan flavonoid yang bisa kita dapatkan dan manfaatnya bagi kesehatan tentu juga semakin besar. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam yang memiliki kandungan kakao tinggi jika ingin menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kandungan di dalam dark chocolate ternyata juga bisa memberikan manfaat lain, yakni menurunkan kadar stres di dalam tubuh. Hanya saja, manfaat ini juga baru bisa didapatkan jika kita mengonsumsi cokelat dalam jumlah yang tepat.

Meski kandungan flavonoid di dalam cokelat lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di dalam buah, sayuran, atau teh, ada baiknya kita juga tidak mengonsumsinya dengan berlebihan. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupannya sekitar 500 hingga 750 mg setiap hari.

Agar kadar kolesterol di dalam tubuh menurun, ada baiknya kita tidak hanya mengandalkan cokelat hitam saja. Pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi seperti sayur dan buah-buahan karena serat bisa membantu proses peluruhan kolesterol dari dalam tubuh. Hanya saja, jika kadar kolesterol sudah sangat tinggi, ada baiknya kita memeriksakan hal ini ke dokter demi mendapatkan obat penurun kolesterol yang tepat.