Cokelat Bisa Sebabkan Susah BAB?

doktersehat-masker-cokelat
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Mengapa hampir semua orang suka dengan cokelat? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam cokelat terdapat stimulan yang bisa membuat otak mengeluarkan hormon endorphin atau hormon yang membuat kita lebih senang dan tenang. Dengan mengonsumsi cokelat, maka kita pun akan membuat rasa sedih atau mood yang sedang tidak baik menghilang. Hanya saja, ada anggapan yang menyebut cokelat bisa menyebabkan susah buang air besar. Sebenarnya, apakah anggapan ini sesuai dengan fakta medis?

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa cokelat atau kandungan di dalamnya seperti kakao mampu memicu datangnya sembelit. Hanya saja, di dalam cokelat yang kita konsumsi biasanya juga dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti gula atau lemak. Bahan-bahan tambahan inilah yang dikhawatirkan bisa menyebabkan dampak buruk bagi saluran pencernaan, termasuk sembelit. Hal ini berarti, jika kita berlebihan mengonsumsi cokelat batangan, permen cokelat, atau minuman dengan rasa cokelat lainnya, risiko untuk mengalami sembelit pun meningkat.

Ada banyak sekali penyebab dari datangnya sembelit. Hanya saja, biasanya hal ini disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat seperti kurang serat akibat jarang mengonsumsi sayur dan buah-buahan, kurang minum air putih, dan kurang gerak. Pola makan yang kurang serat dan kurang minum air putih akan membuat saluran pencernaan melambat yang akhirnya berimbas pada datangnya masalah sembelit. Selain itu jika kita kurang gerak, maka otot-otot pada saluran pencernaan tidak akan berkontraksi dengan cukup sehingga sulit untuk mengeluarkan kotoran.

Beberapa masalah kesehatan lain yang juga bisa menyebabkan datangnya sembelit adalah irritable bowel syndrome atau IBS, hipertensi, diabetes, serta Parkinson. Masalah-masalah kesehatan ini bisa mempengaruhi fungsi otot pada bagian anus dan usus besar yang akhirnya menyebabkan datangnya sembelit.

Masalahnya adalah sembelit tidak hanya akan menyebabkan sensasi perut sakit atau tidak nyaman. Membiarkannya sering terjadi bisa membuat kita lebih rentan terkena wasir hingga datangnya penyakit kanker pada usus. Karena alasan inilah kita harus segera memeriksakan kondisi sembelit yang kita alami ke dokter jika memang tak kunjung bisa diatasi.