Makan Cokelat Pasti Bisa Bikin Kolesterol Turun?

doktersehat-masker-cokelat
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah melihat informasi yang menyebutkan bahwa cokelat bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, dampak ini ternyata tidak bisa dirasakan oleh semua orang. Bahkan, bisa jadi efeknya tidak begitu kentara.

Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. Rutai Hui yang berasal dari Chinese Academy of Medical Sciences, Peking Union Medical College, Beijing, Tiongkok. Bersama dengan rekan-rekan penelitinya, pada tahun 2010 lalu dr. Hui menemukan fakta bahwa konsumsi cokelat hanya akan memberikan dampak positif bagi kondisi kolesterol bagi orang-orang yang memiliki faktor risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, manfaat ini juga baru bisa didapatkan jika cokelat tidak dikonsumsi dengan berlebihan.

Mengonsumsi cokelat dengan porsi yang sedang dan disertai dengan pola makan yang sehat mampu mencegah masalah kolesterol tinggi bagi sebagian orang. Fakta ini diperkuat dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Dalam penelitian ini, setidaknya 19.300 orang dilibatkan. Mereka diminta untuk mengonsumsi cokelat dengan porsi dan jangka waktu tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah, mereka yang rutin mengonsumsi cokelat cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah. Bahkan, risiko untuk terkena stroke atau serangan jantung hingga 10 tahun ke depan cenderung bisa ditekan dengan signifikan.

Dr. Hui menyebut konsumsi cokelat mampu menurunkan kolesterol jahat atau LDL hingga 5 mg/dL. Jumlah kolesterol total juga menurun dengan angka yang sama. Hanya saja, tidak semua orang mendapatkan dampak ini. Ada orang yang mengonsumsi cokelat dalam jumlah banyak justru tidak mendapatkan manfaatnya. Sebaliknya, mereka yang mengonsumsi cokelat dalam jumlah yang sedikit, yakni yang hanya memiliki 260 mg polifenol atau kurang, justru mendapatkan manfaat kesehatan ini. Sebagai informasi, cokelat susu dengan berat 1,25 ons memiliki kadar polifenol sekitar 300 mg.

Menurut dr. Hui, orang sehat cenderung tidak akan mendapatkan manfaat penurunan kolesterol yang berarti dengan rajin makan cokelat. Meskipun begitu, mereka yang memiliki risiko penyakit jantung seperti para penderita diabetes justru mendapatkan efek penurunan kolesterol ini.