Cokelat Sebenarnya Bikin Gemuk Tidak Sih?

doktersehat-masker-cokelat
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka dengan cokelat? Rasanya yang manis dan nikmat membuat cokelat menjadi salah satu camilan yang paling digemari oleh umat manusia. Telah banyak penelitian yang menghasilkan fakta bahwa cokelat bisa memberikan manfaat kesehatan, namun masih banyak orang yang takut untuk mengonsumsinya karena dianggap bisa membuat berat badan naik.

Dilansir dari Mirror, sebuah penelitian yang dilakukan di Skotlandia menghasilkan fakta bahwa makan dua cokelat dalam sehari mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung hingga 25 persen dan stroke hingga 22 persen. Hanya saja, pastikan bahwa kita tidak mengonsumsi cokelat lebih dari 100 gram per hari untuk mendapatkan manfaat tersebut. Jika tidak, kita justru bisa mengalami kenaikan berat badan.

Profesor Phyo Myint yang berasal dari Aberdeen University yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa kandungan di dalam cokelat layaknya kakao, susu, kacang-kacangan, serta flavonoid memang mampu melindungi kesehatan jantung, namun, cokelat juga kaya akan lemak dan gula. Karena alasan inilah kita sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsinya meskipun rasanya memang sangat nikmat.

Dalam penelitian yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Heart ini, disebutkan bahwa 170 ribu orang dilibatkan. Para partisipan ini dicek kondisi kesehatannya secara berkala dan dicek kebiasaan mengonsumsi cokelat setiap hari. Hasilnya adalah, mereka yang rutin mengonsumsi cokelat dengan kadar yang sedang memang mengalami penurunan risiko untuk terkena stroke dan penyakit jantung.

Meskipun begitu, Prof. Myint tetap menyarankan setiap orang untuk memperhatikan asupan makan sayur dan buah setiap hari agar tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, gaya hidup sehat lainnya seperti rajin berolahraga, tidur cukup, dan menjaga pikiran agar tidak mudah stres juga sangat penting untuk selalu dilakukan agar tetap sehat dan bugar.