Benarkah Ciuman Bisa Menularkan Herpes?

doktersehat ciuman
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Salah satu ekspresi dari cinta yang dilakukan oleh banyak orang, baik itu diantara anggota keluarga atau orang-orang yang saling menyayangi adalah berciuman. Hanya saja, banyak orang yang menyebut ciuman bisa menularkan herpes. Apakah hal ini benar adanya?

Dilansir dari Women’s Health Mag, pakar kesehatan Teena Chopra, MD dari Detroit Medical center serta Wayne State University menyebutkan bahwa ciuman yang dilakukan mulut ke mulut ternyata memang bisa menularkan virus herpes simpleks dan sifilis. Hal ini berarti, ada baiknya memang kita tidak sembarangan mencium orang lain.

Menurut Teena, paparan air liur dari mulut ke mulut ternyata sudah cukup untuk menyebarkan virus herpes. Padahal, virus ini sebelumnya dikenal akan menular melalui hubungan intim.

“Jika kita sampai terinfeksi, maka virus ini bisa tidur dan kemudian aktif sewaktu-waktu dan memicu gejala kesehatan,” ungkap Teena.

Sebagai informasi, virus HSV-1 adalah virus yang menyebabkan herpes yang terjadi di mulut. Sementara itu, virus HSV-2 bisa memicu herpes genital atau herpes yang muncul di alat kelamin. Gejala dari masalah herpes ini adalah sensasi terbakar, gatal-gatal, ruam-ruam, hingga aura kesemutan pada mulut dan kelamin. Luka pada bagian mulut atau kelamin bisa berlangsung dengan sangat lama akibat hal ini.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk tidak gonta-ganti pasangan, termasuk tidak sembarangan dalam mencium orang lain agar tidak sampai tertular virus herpes.