Terbit: 4 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sakit pinggang yang dialami oleh beberapa orang bisa terjadi karena beberapa hal. Pertama sakit pinggang bisa terjadi karena otot mengalami cedera. Selanjutnya gangguan tulang dan saraf juga menyebabkan pinggang jadi nyeri dan membuat banyak orang terganggu aktivitas hariannya.

Ciri Sakit Pinggang yang Disebabkan Batu Ginjal

Selain disebabkan oleh tiga hal di atas, ternyata sakit pinggang yang teramat sangat juga disebabkan oleh batu ginjal. Begini penjelasannya.

Sekilas tentang penyakit batu ginjal
Sakit pinggang yang diakibatkan oleh batu ginjal biasanya tidak akan mudah hilang dan rasa sakitnya tetap berada di tempat yang sama. Batu ginjal bisa terjadi pada tubuh kalau ada kristal atau batu yang mengendap di dalam ginjal. Batu ini muncul dari limbah yang disaring oleh ginjal.

Batu ginjal biasanya terbentuk salam bertahun-tahun. Saat batu ginjal ukurannya masih kecil, tubuh tidak akan merasakan apa-apa. Sementara itu kalau ukuran batunya sudah besar, penderita akan merasakan nyeri di pinggang dan gangguan lain pada tubuh.

Ciri sakit pinggang karena batu ginjal
Untuk mengenali apakah sakit pinggang yang Anda derita berasal dari batu ginjal atau sebab lainnya, perhatikan beberapa cirinya di bawah ini.

  • Rasa sakit yang diberikan oleh batu ginjal terjadi secara tiba-tiba. Anda yang awalnya biasa saja bisa merasakan sakit yang sangat berat di area pinggang.
  • Urine normal biasanya berwarna jernih dan agak kekuning-kuningan. Sementara itu, urine penderita batu ginjal biasanya berwarna kemerahan karena terjadi pendarahan di dalam ginjal.
  • Selain nyeri yang sangat berat, Anda juga akan mengalami demam tinggi kalau memiliki batu ginjal.
  • Kalau Anda merasakan nyeri saat berkemih, ukuran batu ginjal sudah semakin besar dan harus dihancurkan agar tidak merusak ginjal.
  • Nyeri yang disebabkan oleh penyakit batu ginjal tidak berubah, selalu berada di bawah tulang punggung sebelah kiri atau kanan dengan batas bawah berada di daerah panggul.

DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi