Terbit: 16 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang sangat menunjang penampilan. Bahkan rambut disebut sebagai mahkota wanita. Rambut yang indah ditandai dengan rambut yang sehat. Tapi bagaimana sebenarnya cara mengukur sehat atau tidaknya rambut? Anda bisa mengenalinya dari ciri rambut sehat berikut ini!

6 Ciri Rambut Sehat, Bagaimana dengan Rambutmu?

Ciri Rambut Sehat

Rambut sehat dan rambut yang bermasalah tentu saja bisa Anda bedakan dengan ciri rambut sehat berikut ini. Berikut adalah 6 ciri rambut sehat yang wajib Anda miliki!

1. Lembut dan bersinar

Ciri rambut sehat yang pertama adalah memiliki tekstur yang lembut dan juga terlihat bersinar. Rambut dengan ciri seperti ini menunjukkan bahwa kutikula rambut Anda sehat dan juga kelembapannya terjaga. Kutikula yang sehat dan tidak rusak akan memberikan tekstur halus pada permukaan rambut. Selain itu, halusnya kulikula juga akan memudahkan cahaya memantul sehingga rambutpun terlihat lebih bersinar

2. Kulit kepala sehat

Ciri rambut sehat yang kedua ditandai dengan kondisi kulit kepala yang sehat. Terdapat beberapa indikasi untuk menilai sehat atau tidaknya kulit kepala. Pertama adalah dari jumlah rambut yang tumbuh di kepala. Kulit kepala yang sehat akan memiliki rata-rata tiga helai rambut di setiap pori-porinya. Jika rambut di kepala terlihat lebih jarang, kemungkinan itu tanda bahwa kulit kepala Anda tidak sehat.

Kulit kepala yang tidak sehat juga ditandai dengan adanya ketombe. Selain ketombe yang meninggalkan serpihan putih, Anda juga bisa melihat warna kulit kepala Anda. Kulit kepala yang sehat akan memiliki pigmen warna yang tidak jauh berbeda dengan pigmen kulit wajah dan tentunya tidak mengalami iritasi dan kemerahan.

3. Rontok sewajarnya

Ciri rambut sehat selanjutnya adalah rontok sewajarnya.Ya, ternyata kerontokan rambut setiap hari merupakan hal yang wajar. Tapi hal tersebut baru bisa disebut wajar jika rambut yang rontok hanya 50-100 helai saja dalam satu hari. Jika jumlah rambut rontok melewati atau bahkan berkali lipat dari jumlah tersebut, maka rambut Anda sudah tidak memenuhi ciri rambut sehat.

Kerontokan rambut disebabkan oleh folikel rambut yang melemah disebabkan oleh berbagai hal. Jika dibiarkan terus, masalah kerontokan rambut bisa menyebabkan kebotakan.

4. Rambut tidak patah

Ciri rambut sehat selanjutnya adalah tidak mudah patah. Selain rambut rontok, masalah rambut patah juga amat sering ditemui. Rambut yang mudah patah biasanya disebakan oleh kulikula rambut yang sudah rusak sehingga menjadi rapuh dan mudah patah ketika disentuh atau disisir.

Sama seperti rambut rontok, rambut patah dalam jumlah sedikit juga merupakan hal wajar, tapi jika Anda dengan mudah menemukan rambut patah Anda di berbagai sudut rumah Anda. Hal itu mungkin menandakan bahwa Anda sedang mengalami kerusakan rambut.

baca juga : Tips Rahasia Untuk Rambut Sehat

5. Elastisitas rambut terjaga

Sama seperti kulit, rambut juga memiliki elastisitasnya. Salah satu ciri rambut sehat adalah elastisitasnya terjaga. Umumnya elastisitas rambut juga akan terjaga jika kelembapan rambut dan kesehatan kutikula rambut terjaga. Rambut yang elastis ditandai dengan rambut yang mudah diatur.

Jika Anda menarik rambut, maka rambut akan langsung kembali pada posisinya semula. Elastisitas rambut sudah menurun akan membuat rambut berpotensi untuk mendaaptkan masalah rambut lainnya.

6. Tidak tenggelam di air

Cara mengetahui rambut sehat atau tidak juga bisa melalui sebuah tes menggunakan air. Caranya adalah dengan menaruh satu helai rambut kita di atas wadah berisi air. Jika rambut mengambang, maka tandanya rambut sehat. Tapi jika rambut tenggelam dalam air maka tandanya rambut tersebut rusak. Rambut yang rusak, kutikulanya akan terbuka sehingga rambut dapat menyerap air dan akhirnya tenggelam.

Apakah rambut Anda sudah memenuhi ciri rambut sehat? Jika rambut Anda belum memenuhi ciri tersebut, maka tandanya Anda belum memiliki rambut sehat. Kerusakan rambut sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari malas merawat rambut, salah memilih produk perawatan rambut, hingga adanya gangguan dalam tubuh.

Mulailah perawatan rambut yang benar dari keramas secara rutin paling banyak dua hari sekali, menggunakan kondisioner, dan menggunakan masker rambut secara rutin. Pilihlah produk-produk perawatan yang sesuai dengan karakteristik dan masalah rambut Anda.

Jika masalah rambut semakin serius, segera konsutasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab lebih jelasnya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi