Terbit: 15 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kondisi gizi selama kehamilan sangat penting untuk ibu dan janin. Ibu hamil kurang gizi bisa berdampak pada terhambatnya tumbuh kembang janin dan juga kondisi kesehatan ibu selama masa kehamilan.

Waspadai 7 Ciri Ibu Hamil Kurang Gizi

Kondisi kurang gizi pada ibu hamil harus dideteksi lebih dini sehingga bisa diantisipasi secepatnya agar tidak menjadi lebih parah. Pendeteksian yang mudah dilakukan adalah dengan mengenali ciri ibu hamil kurang gizi.

Ciri ibu hamil kurang gizi

Ciri ibu hamil kurang gizi perlu Anda ketahui untuk mendeteksi apakah Anda kurang gizi atau tidak. Apabila ternyata Anda mengalami kurang gizi maka Anda bisa segera mencari solusi agar dampak kurang gizi pada ibu hamil bisa segera diantisipasi.

Berikut ini adalah beberapa ciri ibu hamil kurang gizi:

1. Berat badan ibu tidak bertambah atau turun

Ciri ibu hamil kurang gizi sangat nampak pada berat badan ibu yang tidak mengalami pertambahan. Berat badan ibu yang dimaksud di sini adalah berat badan ibu murni. Anda bisa menimbang berat badan Anda sendiri lalu kurangi dengan berat badan janin terbaru yang Anda ketahui pada saat USG.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Ibu hamil kurang gizi tidak hanya memiliki berat badan yang stagnan. Akan tetapi, pada beberapa kasus, ibu hamil kurang gizi bahkan mengalami penurunan berat badan. Melalui informasi berat badan Anda bisa mengetahui status gizi Anda.

Baca juga: Ini Cara Memantau Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Setiap Bulan

2. Peningkatan berat badan janin lambat

Kondisi ibu yang kurang gizi berdampak pula pada peningkatan berat badan janin. Janin mengalami peningkatan berat badan yang cukup lambat. Apabila ibu hamil tidak memperbaiki gizinya, sangat besar kemungkinan untuk melahirkan bayi lahir rendah.

Asupan gizi ibu yang kurang baik karena kurangnya ketersediaan makanan atau adanya gangguan makan dan penyerapan tentunya akan berdampak pada asupan gizi janin. Kurangnya asupan gizi yang didapat melalui plasenta membuat berat badan janin hanya meningkat sedikit.

3. Anemia atau kurang darah

Anemia atau kurang darah juga bisa menjadi ciri ibu hamil kurang gizi. Ciri ini sangat berdampak pada kesehatan ibu selama kehamilan. Harus ada penanganan secepatnya agar kondisi anemia segera di atasi.

Kurangnya asupan gizi membuat metabolisme ibu terhadap pembentukan sel darah merah menjadi terganggu. Produksi sel darah merah yang berkurang akan berdampak pada distribusi oksigen dan zat gizi ke janin.

4. Cepat lemas

Ciri ibu hamil yang satu ini sangat erat kaitannnya dengan anemia. Anemia pada ibu hamil yang diduga kekurangan gizi sering kali membuat ibu hamil cepat lemas dan letih. Selain itu, ibu hamil juga sering merasa pusing akibat kurangnya distribusi oksigen ke otak.

Tak jarang, ibu hamil yang sering lemas ini bisa jatuh pingsan. Kejadian ini tentunya sangat membahayakan keselamatan janin dan ibu hamil. Oleh karena itu, segeralah melakukan tindakan pengobatan untuk memperbaiki kondisi gizi apabila menemukan ciri ini.

5. Sering sakit

Kondisi kurang gizi pada ibu hamil membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Penurunan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil berdampak pada kemampuan melawan virus atau vektor penyakit yang masuk ke tubuh.

Akibatnya, ibu hamil menjadi mudah dan sering terserang penyakit. Hal ini sangatlah tidak baik untuk ibu hamil dan janinnya. Penyakit yang diderita akan membuat ibu hamil harus meminum obat tertentu yang bisa saja berbahaya untuk janin.

6. Masalah pada bibir, gigi, dan gusi.

Apabila ibu hamil mendapati satu atau beberapa masalah pada bagian mulutnya maka itu termasuk ciri ibu hamil kurang gizi. Ibu hamil kurang gizi sering kali ditandai dengan bibir kering dan pecah-pecah.

Pada ibu yang kurang gizi khususnya asupan kalsium bisa sampai menyebabkan sakit gigi dan tanggal. Selain itu, kondisi gusi yang berdarah juga memperjelas ciri ibu hamil kurang gizi. Segeralah antisipasi agar sebelum terjadi hal yang lebih parah.

Baca juga: Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Menyepelekan Masalah Gusi Berdarah

7. Masalah pada perkembangan janin

Ibu hamil kurang gizi yang dibiarkan berlarut-larut atau semakin mendekat kepada gizi buruk bisa menyebabkan masalah pada perkembangan janin. Kondisi ini memang jarang terjadi tetapi ada kemungkinan.

Pada saat pemeriksaan kehamilan melalui USG, dokter akan mengatakan bahwa ada masalah pada morfologi (bentuk) organ tubuh janin maka ada kemungkinan hal itu merupakan ciri dari kurang gizi pada ibu hamil.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi