Begini Ciri-Ciri Usus Lengket yang Harus Diwaspadai

usus-buntu-doktersehat

DokterSehat.Com– Banyak orang tidak menyangka jika usus ternyata bisa lengket. Dalam realitanya, memang ada penyakit yang bisa membuat usus lengket. Gejalanya bahkan terlihat sepele, yakni sakit perut, susah buang air besar, dan rasa tidak nyaman pada perut dalam waktu yang lama. Padahal, jika sampai kondisi ini dibiarkan, dampaknya bisa cukup fatal.

Pakar kesehatan menyebut perlengketan usus sebagai kondisi yang seringkali sebelumnya dipicu oleh pecahnya usus buntu. Gejalanya pun bisa berupa munculnya rasa nyeri pada perut bagian kanan. Hanya saja, jika perlengketan usus ini disebabkan oleh gangguan pada kandungan seperti endometriosis, akan muncul sensasi nyeri dan tidak nyaman pada perut bagian tengah bawah. Jika sampai kondisi usus lengket ini sudah parah, maka penderitanya akan susah buang air besar karena kotoran tidak akan bisa lewat di bagian usus yang sudah lengket.

Gejala dari perlengketan usus ini juga seringkali muncul tatkala sehabis makan atau setelah mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Meskipun begitu, penyebab dari masalah usus lengket ini bukanlah akibat konsumsi makanan tertentu, melainkan karena infeksi pasca operasi atau kondisi pencernaan lainnya. Mereka yang pernah melakukan operasi di bagian usus memang cenderung rentan terkena masalah kesehatan ini di kemudian hari.

Proses operasi usus terkadang memberikan efek buruk berupa perdarahan atau pemindahan usus untuk sementara, kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan infeksi yang kemudian berimbas pada munculnya perlengketan usus. Sebagai contoh, jika setelah operasi terjadi perdarahan, terkadang darah ini tidak dibersihkan dengan maksimal sehingga masih menyisakan gumpalan darah yang disebut sebagai fibrin. Fibrin inilah yang kemudian bisa memicu datangnya pendarahan dan perlengketan usus.

Untuk mengatasi perlengketan usus, mau tidak mau kita harus berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui tingkat keparahan dari masalah kesehatan ini. Biasanya, kita akan diberi sejenis obat pencahar, tips untuk memijat atau latihan pada otot perut, hingga menjalani fisioterapi. Satu hal yang pasti, penderita usus lengket haruslah beristirahat dan tidak beraktivitas berat untuk sementara, mengonsumsi makanan bergizi dan mudah dicerna, serta menghindari makanan yang kaya akan kandungan pengawet, berlemak tinggi, dan makanan pedas. Agar bisa segera sembuh, penderita masalah usus lengket juga harus berhenti merokok.