DokterSehat.Com– TBC atau tuberculosis adalah sebuah penyakit saluran nafas yang disebabkan oleh bakteri jahat yang berkembang biak di dalam tubuh. Perkembangan dari bakteri yang memiliki nama mycobacterium tersebut, biasanya sangat suka berada pada bagian tubuh yang memiliki banyak aliran dan serta oksigen.

doktersehat-batuk

Penyakit ini terbilang sebagai salah satu penyakit ganas yang bisa mengancam nyawa seseorang. Selain itu, TBC juga sangat mudah menular, apalagi jika melakukan kontak langsung atau berbagi benda dengan orang yang menderitanya. Untuk itu, sangat penting jika Anda mengetahui apa saja gejala-gejala yang ditimbulkan ketika seseorang terkena TBC agar bisa cepat menanganinya.

Berikut adalah gejala-gejala dari TBC:

1. Batuk Berkepanjangan

Ini adalah ciri utama dari TBC yang harus Anda perhatikan. Batuk memang sebuah penyakit normal, tapi menjadi fatal jika berlangsung lama dan tak kunjung sembuh. Pasalnya, batuk yang normal tidak lebih dari dua minggu, namun jika terkena TBC, maka seseorang akan mengalami batuk sampai berbulan-bulan. Untuk memastikannya, segera pergi ke dokter.

2. Sesak Nafas

Selain batuk, sesak nafas adalah salah satu ciri TBC yang sudah mulai parah. Sebab, sesak nafas ini dikarenakan asupan oksigen telah diganggu oleh bakteri jahat tersebut. Biasanya, sesak nafas ini terjadi ketika seseorang telah terkena TBC dan dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan khusus dari pihak medis.

3. Nyeri Dada

Pernahkah Anda mengalami nyeri pada dada? Jika pernah, maka Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Sebab, nyeri pada dada bisa menjadi pertanda bahwa lapisan pembungkus paru, yaitu pleura sudah mulai terserang. Jika sampai tahap ini Anda tidak melakukan tindakan apapun, maka akan fatal akibatnya dan cukup mengkhawatirkan.

4. Sering Berkeringat

Berkeringat adalah hal yang wajar dan sehat, namun apabila Anda melakukan aktivitas. Tapi, jika keringat keluar secara terus-menerus tanpa sebab, bisa jadi Anda terkena TBC. Biasanya, orang yang terkena TBC akan sering berkeringat di malam hari. Padahal, pada malam hari suhu tergolong sejuk. Untuk itu, jika Anda merasakannya maka segera memeriksakan diri ke dokter.