Ciri-Ciri dan Tips Menghasilkan Sperma Sehat, Bikin Istri Cepat Hamil!

sperma-sehat-doktersehat

DokterSehat.Com – Sperma sehat adalah salah satu indikator kesuburan bagi pria. Menjaga kualitas sperma tentunya menjadi sangat penting, terutama pada pasangan yang menginginkan untuk memiliki anak. Ingin tahu sehat atau tidaknya sperma yang dihasilkan? Kenali dulu ciri-ciri sperma sehat berikut ini!

Ciri-Ciri Sperma Sehat

Mengetahui sperma sehat atau tidak dapat dilakukan dengan memerhatikan secara langsung air mani yang dihasilkan atau dengan menggunakan pemeriksaan laboratorium untuk melihat bentuk sel sperma. Sperma yang sehat dapat dinilai dari beberapa faktor seperti berikut ini:

1. Bentuk dan gerak sel sperma

Bentuk sperma hanya bisa dilihat jika sperma diteliti di laboratorium. Tenyata ciri-ciri sperma sehat berdasarkan bentuknya adalah sperma yang memiliki ekor yang tidak bengkok ataupun patah, bentuk ekor sperma sehat adalah lurus dan panjang.

Selain itu, sel sperma sehat juga memiliki bentuk kepala yang longjong. Sperma sehat juga memiliki kemampuan untuk bergerak cepat dan ke arah depan. Paling tidak harus terdapat sebanyak 30% sperma normal dalam air mani untuk menyatakan sperma tersebut tergolong sehat.

2. Tekstur cairan sperma

Air mani yang mengandung sperma sehat memiliki tekstur yang kental dan sedikit lengket. Sperma kemudian akan mencair dalam waktu tertentu agar jalannya menuju rahim menjadi lebih mudah.

Tekstur air mani yang kental memang biasanya menggambarkan bahwa jumlah sperma yang lebih banyak dan memudahkan sperma untuk lebih lama berada di vagina. Meskipun begitu, sperma yang memiliki tekstur lebih cair bukan berarti tidak subur sama sekali.

3. Warna cairan sperma

Warna cairan sperma atau air mani juga bisa mengindikasikan sperma sehat atau tidak sehat. Warna sperma yang sehat adalah putih atau keabuan. Pada sebagian orang ditemukan juga cairan sperma berwarna kekuningan dan hal ini masih normal.

Warna cairan sperma yang tidak normal adalah apabila berwarna kemerahan atau kuning pekat. Hal ini bisa menjadi indikasi adanya infeksi atau gangguan pada organ genital pria.

4. Rasa sperma

Ciri-ciri sperma sehat selanjutnya bisa dilihat dari rasa cairan sperma. Normalnya hanya terdapat dua macam rasa air mani, yaitu manis dan pahit sedikit masam. Jika di luar kedua rasa tersebut, maka ada kemungkinan cairan sperma tidak normal atau tidak sehat.

Rasa sperma yang pahit atau pahit ternyata dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi pria. Jika mengonsumsi buah-buahan yang mengandung gula alami, maka sperma juga akan memiliki rasa masis. Sebaliknya sperma yang pahit adalah dipengaruhi oleh konsumsi produk hewani.

5. Aroma cairan sperma

Indikasi sperma sehat juga bisa dilihat dari aroma cairan sperma. Air mani seharusnya tidak memiliki bau yang amis, melainkan memiliki bau seperti klorin atau bau menyerupai pemutih pakaian. Cairan sperma yang berbau amis sama seperti warna sperma yang abnormal, bisa menandakan infeksi pada organ genital atau saluran kemih pria.

6. Volume cairan sperma yang dikeluarkan

Setiap mengalami ejakulasi, pria akan mengeluarkan paling tidak 2-5 ml cairan sperma. Setiap milliliter cairan sperma tersebut paling tidak mengandung 15 juta sel sperma. Jika cairan sperma yang keluar hanya sedikit atau di bawah jumlah normal air mani yang keluar, maka bisa menandakan cairan sperma tidak sehat.

Tips Menghasilkan Sperma Sehat

Sperma yang sehat sebenarnya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor mulai dari faktor dari dalam tubuh hingga dari pola hidup yang diterapkan. Jika ingin memiliki sperma sehat, maka pria sebaiknya menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan para pria untuk mendapatkan sperma sehat:

1. Gunakan pakaian yang nyaman

Penggunaan celana dalam atau celana yang terlalu ketat sering dikaitkan dengan penurunan kualitas sperma. Peningkatkan suhu pada testis yang bisa terjadi akibat pakaian ketat memang berpengaruh pada produksi sperma dalam testis. Sebaiknya pilihlah pakaian yang pas dan nyaman untuk digunakan.

2. Konsumsi makanan bergizi

Asupan makanan yang bergizi juga memiliki peran penting dalam pembentukan sperma sehat. Protein menjadi salah satu nutrsi yang paling dibuthkan. Selain itu, konsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3 seperti ikan juga diketahui dapat meningkatkan kualitas sperma.

Makanan seperti daging olahan atau makanan kalengan atau kemasan adalah termasuk makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda menginginkan sperma sehat.

3. Olahraga rutin

Tips menghasilkan sperma sehat selanjutnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Konsisi fisik seseorang ternyata sangat berpengaruh pada produksi spermanya. Jika tubuh bugar, maka sperma yang dihasilkan juga akan lebih sehat.

4. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Menghindari rokok dan minuman beralkohol juga menjadi salah satu pola hidup sehat yang harus diterapkan untuk mendapatkan sperma yang sehat. Keduanya dapat menyebabkan produksi sperma sehat berkurang. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat menyababkan bentuk abnormal pada sperma.

5. Perhatikan jarak ejakulasi

Terlalu sering mengalami ejakulasi ternyata dapat membuat kualitas sperma menurun. Testis membutuhkan waktu untuk mematangkan sperma sebelum dapat dikeluarkan dari tubuh. Jika terlalu sering ejakulasi, maka akhirnya tubuh akan mengeluarkan cairan sperma yang sebenarnya belum siap dikeluarkan dalam tubuh.

6. Jaga area organ vital

Masalah sperma yang tidak sehat juga bisa diakibatkan oleh adanya gangguan pada organ yang ada di area organ vital pria. Maka dari itu, sangat penting untuk pria menjaga area sekitar organ vitalnya untuk mencegah penurunan kualitas dari sperma.

Ciri-ciri sperma sehat pada setiap orang mungkin berbeda. jika terdapat sedikit perbedaan tentunya tidak menjadi masalah. Namun apabila dirasakan gejala yang tidak biasa dan cukup mengganggu, sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mengatahui penyebabnya.