Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyaknya pilihan kosmetik saat ini tentu saja sangat memudahkan Anda dalam merias wajah. Apalagi saat ini banyak kosmetik yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Kendati lebih murah, jangan sampai Anda menggunakan produk yang salah. Apalagi jika keamanan dari produk tersebut tidak diketahui secara jelas. Bisa-bisa kulit justru mengalami sejumlah masalah hingga breakout. Nah, untuk menghindarinya tidak ada salahnya untuk membaca sejumlah tips mengenai kosmetik yang mengandung bahan berbahaya berikut.

Ciri-Ciri Kosmetik dengan Kandungan Bahan Berbahaya

1. Bau yang Menyengat

Dilansir dari laman The Cosmetist, salah satu cara Anda mengetahui apakah kosmetik yang digunakan aman atau berbahaya adalah dengan mencium aroma produk. Biasanya, produk-produk yang sudah terjamin keamanannya akan memiliki aroma lembut atau bahkan tidak berbau sama sekali. Berbeda dengan kosmetik abal-abal atau yang mengandung bahan berbahaya. Jenis kosmetik ini justru mengeluarkan aroma yang sangat menyengat. Bahkan aromanya sekilas berbau seperti logam.

2. Perhatikan Label pada Kemasan

Kosmetik yang sudah terjamin keamanannya akan mencantumkan formula bahan yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu saja, biasanya kosmetik yang sudah aman digunakan juga mmelampirkan label yang dapat membantu Anda memilih kosmetik yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Misalnya saja label oil-free yang aman digunakan untuk kulit oily dan acne-prone. Berbeda lagi dengan kosmetik yang belum terjamin keamanannya, Anda tidak akan menemukan label atau pun bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Biasanya kosmetik satu ini hanya dilengkapi dengan logo atau nama produknya saja.

3. Warna yang Mencolok

Produk-produk kosmetik yang aman tidak akan menggunakan pewarna terlalu banyak. Hal ini dikarenakan penggunaan pewarna pada kosmetik yang berlebihan justru dapat memicu reaksi iritasi mau pun alergi. Namun, produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya biasanya akan memiliki warna yang lebih terang dan mencolok. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan produk kosmetik berbahaya. Padahal, warna tersebut dihasilkan dari pewarna yang belum tentu aman bagi kesehatan kulit.

Biasanya, produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dijual dengan harga yang sangat miring. Bahkan, harga yang dipatok pun terkadang hanya setengah dari harga kosmetik sejenis yang aman. Maka dari itu, jangan asal membeli kosmetik jika tidak ingin merusak kulit, ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi