10 Ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat yang Harus Diwaspadai

10 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

DokterSehat.Com – Ciri kolesterol tinggi dan asam urat harus diwaspadai, mengingat gangguan kesehatan ini sering dirasakan oleh masyarakat di Indonesia. Penderita asam urat biasanya juga mengalami masalah kolesterol tinggi, mengingat penyebab dari kedua masalah kesehatan ini sama, yakni pola makan yang tidak sehat. Kenali ciri-ciri kolesterol tinggi dan asam urat agar bisa mendapatkan penanganan kesehatan yang tepat.

Telah dijelaskan di atas bahwa seseorang yang memiliki kecenderungan mengidap ciri-ciri kolesterol tinggi dan asam urat harus selalu menjaga pola makan dan gaya hidup. Cara ini harus dilakukan agar selalu sehat dan bugar tanpa harus terkena dua masalah kesehatan ini. Berikut ini adalah daftar ciri kolesterol tinggi dan asam urat yang harus Anda waspadai.

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

Sebenarnya, apa sajakah ciri-ciri kolesterol tinggi asam urat yang harus Anda kenali?

1. Merasakan pegal-pegal, kesemutan, dan sakit kepala

Pegal-pegal dan kesemutan adalah ciri-ciri kolesterol tinggi dan asam urat yang pertama. Gejala kolesterol tinggi yang akan dirasakan adalah munculnya pegal-pegal atau sensasi yang berat pada tengkuk dan pundak.

2. Sakit Kepala dan Mudah Mengantuk

Selain itu, ciri-ciri kolesterol tinggi lainnya adalah kecenderungan untuk lebih mudah mengalami sakit kepala. Jadi, jika Anda sering sakit kepala, bisa saja Anda tidak hanya sedang kelelahan, melainkan terkena gejala kolesterol tinggi dan asam urat. Sakit kepala ini disebabkan karena menumpuknya plak di dalam pembuluh darah yang menghambat aliran darah.

3. Kesemutan

Selain itu, ciri-ciri kolesterol tinggi dan asam urat juga akan cenderung mudah untuk terkena masalah kesemutan. Jadi, jika Anda sering merasa kesemutan, jangan abaikan masalah tersebut karena bisa jadi itu tanda kolesterol tinggi yang harus diwaspadai.

4. Mudah Merasa Lelah

Tidak hanya pegal-pegal, kesemutan, dan sakit kepala, tanda kolesterol tinggi yang lainnya adalah mudah merasa lelah. Selain itu, orang yang mengalami gejala kolesterol tinggi biasanya akan merasa mudah lelah walaupun tidak sedang melakukan aktivitas berat.

5. Susah Berkonsentrasi & Mudah Mengantuk

Siapa yang menyangka jika salah satu ciri kolesterol tinggi dan asam urat ternyata juga berhubungan dengan menurunnya daya konsentrasi seseorang. Penghambatan aliran juga dapat terjadi pada aliran darah menuju otak sehingga membuat penderita dengan gejala kolesterol tinggi menjadi susah berkonsentrasi, mudah mengantuk, dan terkadang merasa bingung tanpa sebab.

6. Nyeri persendian

Ciri kolesterol tinggi dan asam urat yang paling sering muncul adalah rasa nyeri atau ngilu pada persendian, yang kemudian disertai dengan pembengkakan dan kemerahan. Selain itu, saat bangun tidur, penderita gejala asam urat tinggi dan kolesterol juga cenderung mudah terkena kesemutan berulang-ulang kali.

Jika Anda mengalami gejala asam urat tinggi, maka rasa nyeri dan pembengkakan juga akan menjadi semakin parah sehingga penderitanya akan semakin kesulitan untuk bergerak.

7. Jantung berdebar-debar

Siapa yang menyangka bahwa jantung yang berdebar-debar juga bisa menjadi tanda kolesterol tinggi dan asam urat. Banyaknya tumpukan kolesterol pada pembuluh darah oleh plak-plak yang menebal dan mengeras akan membuat jantung semakin bekerja keras dalam memompa aliran darah ke seluruh jaringan atau organ tubuh. Hal ini akan menimbulkan gejala jantung berdebar-debar lebih cepat dan keras yang menandakan organ ini bekerja ekstra dibandingkan normal.

Jika berlangsung terus-menerus maka dapat berakibat kelelahan pada jantung yang sering disebut sebagai gagal jantung. Jadi jangan sepelekan ciri-ciri kolesterol tinggi dan asam urat, agar Anda bisa melakukan tindakan preventif untuk mencegah kondisi tubuh memburuk.

8. Kadar kolesterol melebihi batas normal

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kadar kolesterol yang normal pada tubuh orang dewasa adalah sekitar 160 hingga 200 miligram per desiliter darah. Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol lebih dari 240 miligram per desiliter darah, maka bisa dipastikan bahwa mereka sedang mengalami gejala kolesterol tinggi.

9. Tengkuk Kaku

Selain bisa dirasakan pada anggota gerak seperti kaki, ciri kolesterol tinggi dan asam urat dapat dirasakan pada bagian tengkuk. Biasanya, penderita sakit asam urat dan kolesterol tinggi akan merasa sakit di bagian tengkuk. Tengkuk akan terasa kaku dan sakit ketika digerakkan.

10. Sesak Napas

Dalam kondisi yang semakin parah, kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan penderita sulit untuk bernapas dengan lancar. Gejala sesak napas akibat kolesterol tinggi ini biasanya dibarengi dengan nyeri dada yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.

Untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan ini, berikut ada beberapa tips untuk mencegah asam urat tinggi dan gejala kolesterol tinggi di tubuh Anda.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ketika muncul beberapa ciri-ciri kolesterol tinggi dan asam urat sudah muncul, Anda perlu untuk mewaspadainya. Penanganan yang tepat akan membuat kondisi tubuh Anda utamanya terkait kadar kolesterol dan asam urat menjadi lebih baik. Namun, sebelum benar-benar muncul ciri-ciri kolesterol tinggi dan asam urat tinggi, berikut ada beberapa tips untuk mencegah serta menurunkan kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

1. Jaga Pola Makan

Menjaga pola makan yang sehat akan menurunkan kemungkinan munculnya ciri-ciri kolesterol tinggi dalam tubuh. Konsumsilah beras merah dan batasi asupan daging yang mengandung lemak. Anda juga harus memperbanyak buah-buahan dan sayuran, serta rutin meminum teh hijau untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Makanan yang sehat juga akan mencegah munculnya ciri-ciri asam urat yang bisa membuat aktivitas Anda terganggu.

2. Perbanyak konsumsi ikan

Salah satu cara yang terbilang ampuh untuk menurunkan gejala kolesterol tinggi dan gejala asam urat tinggi adalah mengonsumsi ikan. Asam lemak omega 3 yang terkandung dalamn ikan bisa menurunkan kadar lemak dalam darah dan LDL, serta bisa menaikkan HDL. Contoh ikan yang banyak mengandung omega 3 adalah ikan salmon. Jika Anda ingin lebih praktis, suplemen omega 3 sudah banyak dijual di pasaran.

3. Rutin berolahraga

Olahraga adalah kunci hidup sehat dan bahagia. Berolahragalah secara rutin minimal 3 kali seminggu untuk menurunkan gejala kolesterol tinggi dan gejala asam urat tinggi.

Selamat mencoba, Teman Sehat! Semoga artikel ini bermanfaat untuk membantu Anda mendeteksi ciri-ciri kolesterol tinggi dan asam urat. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat agar Anda terhindar dari masalah kolesterol tinggi dan asam urat.