11 Ciri Ciri Kanker Tenggorokan (Bukan Batuk Biasa!)

ciri-ciri-kanker-tenggorokan-doktersehat

DokterSehat.Com – Tenggorokan adalah bagian tubuh yang juga tak lepas dari ancaman penyakit kanker. Mengingat pada tenggorokan terdapat sejumlah komponen penting dari tubuh, kanker tenggorokan tak boleh disepelekan begitu saja. Anda harus waspada apabila mengalami ciri ciri kanker tenggorokan berikut ini!

Apa Itu Kanker Tenggorokan?

Kanker tenggorokan adalah jenis penyakit kanker yang menyerang area tenggorokan. Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker tenggorokan terjadi ketika ada pertumbuhan sel-sel abnormal pada bagian-bagian tenggorokan seperti laring, faring, atau amandel.

Dilihat dari bagian tenggorokan yang terdampak sel kanker, penyakit kanker tenggorokan ini lantas terbagi ke dalam 4 (empat) jenis, yaitu:

  • Oropharyngeal, adalah jenis kanker tenggorokan yang menyerang area mulut dan tenggorokan bagian atas.
  • Hypopharyngeal, adalah jenis kanker tenggorokan yang menyerang bagian bawah dari tenggorokan atau bisa juga bagian bawah faring
  • Laryngeal, adalah jenis kanker tenggorokan yang menyerang kotak suara (laring)

Belum dapat diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab berkembangnya sel kanker pada tenggorokan, namun para ahli medis menduga hal ini berkaitan dengan sejumlah faktor risiko mulai dari asap roko, konsumsi alkohol, infeksi virus HPV, hingga kurangnya asupan buah dan sayuran.

Ciri Ciri Kanker Tenggorokan

Ciri ciri kanker tenggorokan berupa kondisi yang sayangnya, tidak ada bedanya dengan kondisi umum yang sering kita alami seperti batuk, sakit tenggorokan, hingga kesulitan bernapas. Inilah yang seringkali membuat penanganan kanker tenggorokan menjadi terlambat karena penderita baru mengetahuinya setelah penyakit bertambah parah.

Berikut ini adalah ciri ciri kanker tenggorokan yang harus Anda pahami dan waspadai!

1. Batuk

Batuk adalah ciri ciri kanker tenggorokan yang paling mudah dikenali.

Manakala sel abnormal mulai tumbuh di area tenggorokan, rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh iritasi maupun peningkatan volume lendir akan direspons oleh tubuh dengan menjalankan mekanisme batuk tersebut.

Kendati batuk adalah gejala yang bisa disebabkan oleh sejumlah kondisi lainnya seperti paparan asap, makan makanan berminyak, hingga infeksi virus, batuk yang menjadi pertanda awal kanker tenggorokan umumnya belangsung lama dan kadang disertai dengan darah.

2. Perubahan Suara

Ciri kanker tenggorokan stadium awal selanjutnya yang bisa dikenali adalah adanya perubahan pada suara, umumnya menjadi serak.

Berubahnya suara menjadi serak ini utamanya merupakan ciri ciri kanker tenggorokan jenis laryngeal di mana sel kanker menyerang kotak suara (laring).

Sama seperti batuk, perubahan suara menjadi serak bisa jadi merupakan gejala dari sejulah masalah kesehatan lainnya yang bahkan tergolong ringan seperti demam, radang, dan sebagainya. Akan tetapi, Anda patut waspada apabila kondisi ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Segera periksakan diri ke dokter apabila perubahan suara yang terjadi tak kunjung hilang bahkan setelah sebulan.

3. Benjolan pada Leher

Pada tingkatan atau stadium yang lebih tinggi, sel kanker tenggorokan akan menyebar ke area lainnya di sekitar tenggorokan, salah satunya kelenjar getah bening.

Jika hal ini terjadi, maka ciri ciri kanker tenggorokan yang dapat terlihat adalah munculnya benjolan pada leher.

Jangan tunda untuk mengunjungi dokter manakala Anda menemukan benjolan di leher disertai gejala-gejala lainya yang berkaitan dengan kanker tenggorokan.

4. Sulit Menelan

Saat pertumbuhan sel abnormal menyebabkan timbulnya tumor, hal ini lantas akan mempersempit ruang di area kerongkongan.

Akibatnya, penderita kanker tenggorokan stadium awal akan mengalami gejala yang satu ini yaitu kesulitan dalam menelan makanan. Pada kasus yang lebih parah, makanan yang masuk bahkan dapat kembali naik.

5. Sulit Menggerakkan Lidah

Akibat adanya sel kanker pada tenggorokan, hal ini juga lantas menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan dalam menggerakkan lidah.

Tak hanya itu, penderita kanker tenggorokan stadium awal maupun stadium lanjut juga akan dilanda kesulitan dalam membuka mulutnya secara normal.

6. Sulit Bernapas

Pada kanker tenggorokan—terutama jenis kanker laring (laryngeal)—sulit bernapas juga menjadi salah satu ciri yang akan dialami oleh para penderitanya.

Hal ini dimungkinkan oleh karena pertumbuhan sel kanker pada laring menyebabkan penyempitan

7. Sakit Tenggorokan

Ciri ciri kanker tenggorokan yang juga pasti dialami oleh penderitanya adalah sakit tenggorokan.

Saat sel kanker mulai menginvasi area tenggorokan, maka tenggorokan akan mengalami peradangan (inflamasi) berkepanjangan yang berdampak pada timbulnya rasa tidak nyaman dan berkembang menjadi rasa sakit..

Selain itu, sakit tenggorokan akibat kanker tenggorokan juga dikarenakan tenggorokan dan komponen-komponennya jadi lebih rentan sehingga mudah mengalami infeksi dan perdarahan. Alhasil, sakit tenggorokan pun tak dapat dihindari.

8. Muncul Bintik Putih pada Lidah dan Tenggorokan

Apabila ciri ciri kanker tenggorokan di atas disertai juga dengan munculnya bintik putih pada lidah maupun tenggorokan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan medis karena bintik putih—jika terjadi dalam jangka waktu cukup lama—juga menjadi pertanda dari kanker tenggorokan.

9. Sakit Kepala

Kanker tenggorokan juga ditandai oleh gejala yang titik terjadinya tidak di area tenggorokan. Dalam istilah medis, kondisi ini dinamai sebagai nyeri alih (referred pain). Salah satu macam nyeri alih sebagai ciri ciri kanker tenggorokan ini adalah sakit kepala.

Kendati sakit kepala juga merupakan gejala umum, Anda sebaiknya waspada apabila kondisi ini sudah berlangsung cukup lama dengan disertai oleh ciri kanker tenggorokan stadium awal lainnya.

10. Sakit Telinga

Selain sakit kepala, ciri ciri kanker tenggorokan di luar area tenggorokan lainnya atau nyeri alih adalah sakit telinga.

Alur sistem saraf yang berdekatan antara telinga dan tenggorokan menjadi alasan mengapa sakit tenggorokan yang Anda rasakan akibat pertumbuhan sel kanker bisa terasa sampai telinga.

Sakit telinga yang Anda alami kemungkinan memang merupakan pertanda dari kanker tenggorokan stadium awal apabila kondisi ini juga disertai dengan gejala-gejala lainnya yang terkait. Segera lakukan pemeriksaan sebelum bertambah parah, ya.

11. Penurunan Berat Badan

Berat badan menurun tiba-tiba tanpa alasan yang jelas? Anda juga harus mewaspadainya karena penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba juga merupakan salah satu ciri kanker tenggorokan stadium awal.

Hal ini dikarenakan pertumbuhan sel kanker secara tidak langsung menyebabkan nafsu makan menurun. Alhasil, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh berkurang dan berakibat pada menurunnya berat badan.

Diagnosis Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan sangat berbahaya karena bisa mengancam keselamatan jiwa. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan sedini mungkin manakala Anda mengalami rangkain gejala atau ciri ciri kanker tenggorokan di atas.

Dalam mendiagnosis kanker tenggorokan, dokter perlu melakukan serangkaian prosedur pemeriksaan yang meliputi:

1. Anamnesis

Dokter terlebih dahulu akan mengajukan sejumlah pertanyaan terkait dengan kondisi yang dialami oleh pasien. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan seperti:

  • Sudah berapa lama kondisi ini berlangsung?
  • Gejala apa saja yang dirasakan?
  • Apakah merokok atau minum alkohol atau keduanya?

2. Pemeriksaan Fisik

Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik tenggorokan dengan metode endoskopi  untuk melihat apakah ada kelainan pada area tenggorokan.

Jika ditemukan adanya kelainan, dokter akan melanjutkan ke tahap pemeriksaan penunjang guna memastikan lebih lanjut perihal kanker tenggorokan ini.

3. Pemeriksaan Penunjang

Guna memastikan diagnosis terhadap kanker tenggorokan yang dialami pasien, dokter akan melaksanakan sejumlah metode pemeriksaan penunjang, seperti:

  • Pengambilan sampel jaringan (biopsi)
  • X-Ray
  • PET Scan
  • CT Scan
  • MRI

Pengobatan Kanker Tenggorokan

Sama seperti kanker pada umumnya, metode pengobatan kanker tenggorokan meliputi:

  • Operasi
  • Kemoterapi
  • Radioterapi
  • Terapi target

Pencegahan Kanker Tenggorokan

Guna mencegah atau setidaknya meminimalisir risiko penyakit kanker, ini dia beberapa hal yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Hindari atau hentikan kebiasaan merokok
  • Batasi konsumsi alkohol
  • Rajin mengonsumsi buah dan sayuran
  • Terapkan seks aman (untuk menghindari infeksi virus HPV)

Itu dia informasi mengenai ciri ciri kanker tenggorokan yang perlu Anda ketahui. Jaga selalu kesehatan tubuh Anda dan lakukan medical checkup secara rutin guna mengetahui kondisi tubuh terkini beserta potensi-potensi penyakit pada diri Anda. Semoga bermanfaat!

 

Sumber:

  1. Anonim. Oropharyngeal Cancer. https://www.emedicinehealth.com/oropharyngeal_cancer_treatment/article_em.htm#facts_on_oropharyngeal_cancer (Diakses pada 15 November 2019)
  2. Anonim. Signs and Symptoms of Laryngeal and Hypopharyngeal Cancer. https://www.cancer.org/cancer/laryngeal-and-hypopharyngeal-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html (Diakses pada 15 November 2019)
  3. Anonim. Throat Cancer. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/throat-cancer/symptoms-causes/syc-20366462 (Diakses pada 15 November 2019)
  4. McBean, B. 2019. What are facts about throat cancer? https://www.medicalnewstoday.com/articles/312087.php#outlook (Diakses pada 15 November 2019)