Tidak Hanya Benjolan, Ini 7 Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Lain!

gejala-kanker-payudara-doktersehat

DokterSehat.Com – Ciri-ciri kanker payudara yang paling umum adalah adanya benjolan. Akan tetapi, benjolan hanyalah salah satu gejala kanker payudara. Kanker payudara bisa ditandai dengan beberapa hal selain benjolan.

Seharusnya kaum hawa mengetahui semua tanda-tanda kanker payudara ini agar bisa segera memeriksakan diri ke dokter tanpa harus memiliki benjolan payudara terlebih dahulu. Hal ini bisa mempercepat pendeteksian dan pengobatan kanker payudara.

Ciri-ciri kanker payudara selain benjolan

Gejala kanker payudara selain benjolan memang berpeluang disebabkan karena alasan selain kanker payudara. Namun, tidak ada salahnya bagi para perempuan yang memiliki ciri-ciri kanker payudara selain benjolan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Oleh karena itu, ketahuilah ciri-ciri kanker payudara selain benjolan!

1. Perubahan tekstur kulit payudara

Sebelum sampai pada terbentuknya benjolan, kanker payudara biasanya ditandai dengan perubahan kulit payudara. Ya, perubahan kulit payudara merupakan ciri-ciri kanker payudara di stadium awal.

Kanker payudara akan mengakibatkan sel-sel kulit payudara meradang. Peradangan tersebut menyebabkan tekstur kulit payudara berubah. Tekstur payudara yang berubah ditandai dengan kulit kering bersisik, penebalan kulit, dan kulit mengerut seperti jeruk.

Gejala kanker payudara ini memang bisa juga dikarenakan masalah dermatitis lainnya. Akan tetapi, tidak ada ruginya pergi ke dokter karena ini bisa menjadi tindakan tepat yang bermanfaat dalam mengatasi kanker payudara sejak dini.

Baca Juga: Kanker Payudara – Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

2. Perubahan warna kulit payudara

Kulit payudara juga bisa menjadi kemerahan akibat peradangan karena kanker payudara. Perhatikan kulit payudara Anda apakah mengalami perubahan warna kulit menjadi kemerahan atau tidak.

Perubahan warna kulit payudara juga bisa menjadi biru atau ungu menyerupai memar. Namun, masih ada kemungkinan perubahan warna kulit payudara tersebut dikarenakan Anda pernah mengalami trauma payudara dalam waktu dekat.

Cobat ingatlah apakah dalam waktu dekat, Anda pernah mengalami trauma atau syok pada payudara. Apabila Anda tidak mengalami trauma payudara dalam waktu dekat, ada kemungkinan itu adalah ciri-ciri kanker payudara.

3. Nyeri puting dan payudara

Setelah mengalami perubahan kulit, ciri-ciri kanker payudara yang akan muncul selanjutnya terjadi pada bagian puting dan payudara dalam. Para wanita yang mengalami kanker payudara akan merasa nyeri payudara atau nyeri puting.

Nyeri tersebut merupakan efek perubahan sel-sel kulit payudara. Terkadang, rasa nyeri disertai dengan sensasi terbakar. Memang, tidak semua perempuan akan merasakan gejala yang satu ini tetapi Anda patut curiga bila merasa nyeri puting atau payudara.

4. Keluar cairan dari puting

Suatu hal yang wajar jika ada cairan putih yang keluar dari puting di kala Anda sedang menyusui si kecil. Akan tetapi, hal itu harus diwaspadai jika terjadi pada saat Anda tidak sedang dalam proses menyusui.

Keluarnya cairan putih pada puting pada kondisi tidak sedang menyusui bisa menjadi tanda-tanda kanker payudara. Cairan yang keluar juga bisa berwarna lain seperti kuning, hijau, atau merah. Anda perlu berkonsultasi ke dokter bila mengalami hal tersebut.

Dokter akan memastikan apakah ini termasuk ciri-ciri kanker payudara atau karena hal lain. Puting yang mengeluarkan cairan selain ASI bisa jadi karena efek pil KB, efek samping terapi obat, penyakit tiroid, dan infeksi payudara.

5. Puting susu masuk ke arah dalam

Gejala kanker payudara juga bisa ditandai dengan kondisi puting yang masuk ke arah dalam. Mungkin ini cukup mengerikan bagi beberapa perempuan. Selain merusak estetika payudara, hal tersebut juga menjadi sinyal bahaya bagi kesehatan payudara.

Tidak semua perempuan mengalaminya dan gejala ini juga cukup bervariasi. Ukuran atau kondisi masuknya puting ke arah dalam tergantung pada ukuran payudara dan puting. Gejala ini memang bisa dikarenakan sedang ovulasi.

Namun, seharusnya akan berbeda dari biasanya jika memang dikarenakan kanker payudara. Oleh karena itu, penting bagi Anda segera menemui dokter untuk mengetahui penyebab masuknya puting ke dalam.

6. Perubahan ukuran payudara

Kanker payudara sering kali menyebabkan ukuran payudara mengalami perubahan. Perubahan ukuran payudara bisa terjadi pada salah satu sisi atau kedua sisi. Ukuran payudara menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Oleh karena itu, jangan senang dulu bila mendapati payudara Anda nampak lebih besar terutama jika disertai rasa nyeri karena bisa jadi itu merupakan gejala kanker payudara. Namun, penyebab payudara juga bisa dikarenakan menyusui. Pastikanlah penyebab perubahan ukuran payudara dengan melakukan konsultasi dokter.

7. Perubahan bentuk payudara

Selain ukurannya, bentuk payudara bisa mengalami perubahan karena kanker payudara. Ciri-ciri kanker payudara ini memang bisa membuat para perempuan semakin sedih karena penampakan payudaranya tidak indah.

Perempuan yang mengalami kanker payudara berpeluang mengalami perubahan bentuk payudara seperti terong. Bentuk payudara menurun, sehingga nampak memanjang ke bawah, seperti sebuah terong.

Namun, tidak semua kondisi payudara seperti terong dikarenakan kanker payudara. Gejala kanker payudara yang satu ini memang bisa juga dikarenakan tanda-tanda penuaan atau kesalahan dalam menggunakan bra.

Sering tidak menggunakan bra selama beraktivitas fisik atau selalu menggunakan bra selama tidur bisa membuat payudara menjadi turun. Penampakannya bisa jadi sama, tetapi pengamatan dokter bisa mengetahui penyebab perubahan bentuk payudara tersebut karena kanker atau bukan.

Kapan pergi menemui dokter?

Meskipun ciri-ciri kanker yang telah disebukan di atas bisa jadi karena penyebab lain yang bersifat non-kanker. Namun, sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri ke dokter guna memastikan penyebabnya.

Baca Juga: 7 Tanda Kanker Payudara pada Pria yang Tidak Boleh Diabaikan

Baik dikarenakan kanker maupun non-kanker, dokter tetap akan merekomendasikan Anda pengobatan yang tepat, sehingga kondisi Anda bisa segera pulih. Apabila ternyata dokter mendeteksi kanker payudara, maka Anda akan segera menjalani pengobatan kanker lebih awal.

Pengobatan kanker payudara yang dilakukan di awal akan meningkatkan peluang untuk sembuh segera tanpa harus mengalami komplikasi lainnya. Kanker payudara pun bisa segera diobati sebelum menjalar ke area tubuh lainnya.

 

 

Sumber:

  1. BreastCancerNow. What are the signs of breast cancer? https://breastcancernow.org/about-breast-cancer/want-to-know-about-breast-cancer/what-are-the-signs-of-breast-cancer [diakses pada 9 Juli 2019]
  2. MedicalNewsToday: What signs of breast cancer are there other than a lump? Rachel Nall. 2018. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322832.php [diakses pada 9 Juli 2019]