8 Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1

ciri-ciri-kanker-kelenjar-getah-bening-stadium-1-doktersehat

DokterSehat.Com – Telah merenggut nyawa banyak orang, kanker kelenjar getah bening adalah jenis kanker yang tidak boleh disepelekan dan harus senantiasa diwaspadai ‘kehadirannya’. Pada stadium awal, kanker kelenjar getah bening ditandai oleh sejumlah gejala. Apa saja gejala atau ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1?

Apa Itu Kanker Kelenjar Getah Bening?

Kanker kelenjar getah bening—dalam dunia medis dikenal dengan nama limfoma—adalah jenis kanker yang menyerang sel darah putih jenis limfosit yang terdapat di dalam sistem limfatik tubuh. Sistem limfatik yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh ini sendiri terdiri dari kelenjar getah bening, timus, limpa, dan sumsum tulang belakang.

Penyakit kanker kelenjar getah bening atau limfoma dibagi menjadi 2 (dua) jenis utama, yakni limfoma Hodgkin dan limfoma non-hodgkin. Selain itu, limfoma juga dibedakan—berdasarkan tingkat keparahan—menjadi 4 (empat) yakni dari mulai stadium 1 hingga stadium 4. Semakin tinggi stadium, semakin kecil pula peluang untuk sembuh.

Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1

Mendeteksi kanker kelenjar getah bening sejak dini menjadi penting agar penyakit mematikan ini bisa segera  ditangani sebelum bertambah parah dan mengancam nyawa. Sayangnya, banyak orang yang baru menyadari dirinya terkena limfoma saat sudah masuk ke stadium lanjut yang mana peluang sembuhnya sudah semakin kecil.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mengetahui apa saja ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1. Simak informasinya berikut ini!

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 yang pertama dan paling mudah dikenali adalah adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening, baik itu yang terletak di leher, bawah ketiak, atau selangkangan.

Timbulnya benjolan atau bengkak pada kelenjar getah bening di titik-titik tersebut sejatinya tak melulu disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel kanker. Lebih dari itu, pembengkakan pada kelenjar getah bening bisa diakibatkan oleh sejumlah faktor seperti  penggunaan obat-obatan dari golongan antibiotik atau penyakit arthritis.

Akan tetapi, pembengkakan kelenjar getah bening yang menjadi ciri ciri kanker kelenjar getah bening memiliki karakteristik tersendiri, yakni tidak terasa sakit saat ditekan dan umumnya terdiri dari banyak benjolan.

2. Demam

Demam adalah ciri ciri limfoma stadium awal selanjutnya yang bisa Anda kenali.

Invasi sel kanker kelenjar getah bening direspons oleh tubuh—tepatnya hipotalamus pada otak—dengan cara mengatur thermostat yang lantas berdampak pada meningkatnya suhu tubuh. Demam akibat kanker kelenjar getah bening juga diiringi oleh sensasi menggigil.

Gejala demam yang dialami oleh para penderita kanker kelenjar getah bening stadium 1 umumnya tidak separah gejala demam yang diakibatkan oleh penyakit lainnya seperti demam berdarah atau demam tifoid.

3. Tubuh Melemah

Tubuh yang terasa lemah juga menjadi ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium awal.

Melemahnya tubuh akibat kanker kelenjar getah bening ini dikarenakan sel kanker menyerang sistem kekebalan tubuh. Pelemahan tubuh ini lantas diiringi juga dengan gejala lainnya seperti napas yang pendek.

Apabila tiba-tiba tubuh Anda terasa lemah, sebaiknya segera kunjungi dokter guna dilakukan pemeriksaan medis lebih lanjut.

4. Gatal pada Kulit

Jangan sepelekan rasa gatal pada kulit Anda apalagi jika kondisi ini berlangsung lama. Pasalnya, gatal kulit yang gatal juga menjadi salah satu ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1, lho!

Hal ini utamanya terjadi apabila jenis kanker kelenjar getah bening yang diderita adalah kanker kelenjar getah bening Hodgkin. Rasa gatal pada kulit terjadi di area tangan, kaki, bahkan bisa di sekujur tubuh penderitanya.

Lantas, mengapa kanker kelenjar getah bening stadium 1 bisa menyebabkan gatal-gatal? Para ahli medis belum dapat memastikan mengapa hal ini bisa terjadi, namun adanya mekanisme pelepasan zat kimia bernama sitokin oleh tubuh sebagai bentuk respons terhadap invasi sel limfoma diduga kuat menjadi faktor pemicunya.

Gatal pada kulit  bisa berlangsung sepanjang hari dan mencapai puncaknya saat cuaca sedang panas atau di malam hari.

5. Keringat Berlebih

Seseorang yang terserang kanker kelenjar getah bening stadium 1 ada kalanya juga mengeluarkan keringat berlebih dari tubuhnya, terutama di malam hari saat waktu tidur.

Produksi keringat berlebih sebagai ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium awal ini tak lain merupakan mekanisme alami tubuh dalam bereaksi terhadap peningkatan suhu tubuh akibat serangan sel kanker.

Selain itu, protein maupun hormon abnormal yang dihasilkan oleh sel kanker kelenjar getah bening juga direspon oleh tubuh dengan memproduksi keringat melebihi biasanya.

6. Penurunan Berat Badan

Pagi ini Anda menimbang berat badan dan mendapati jika berat badan turun cukup signifikan tanpa alasan yang jelas. Padahal, Anda sedang tidak menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Hati-hati karena penurunan berat badan yang terjadi secara mendadak ini bisa jadi merupakan ciri ciri kelenjar getah bening stadium 1.

Invasi sel kanker kelenjar getah bening tak hanya merusak sel limfosit pada sistem limfatik, namun juga ‘menghabisi’ nutrisi yang seharusnya diperuntukkan bagi tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Akibatnya kurangnya nutrisi yang diterima, tubuh akan mengalami penurunan performa yang berujung pada melemahnya tubuh sampai hilangnya nafsu makan. Tak heran, kondisi ini secara otomatis menyebabkan berat badan mengalami penurunan.

Apabila berat badan Anda terus mengalami penurunan dalam beberapa bulan dengan disertai oleh gejala lainnya, segera kunjungi dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

7. Pusing Kepala

Kepala yang tiba-tiba terasa pusing juga kemungkinan menjadi ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1.

Akan tetapi, jangan buru-buru panik dan langsung menyimpulkan bahwa Anda mengalami limfoma tatkala kepala terasa pusing. Kepala yang pusing bisa jadi merupakan pertanda adanya invasi sel kanker apabila gejala ini juga turut disertai oleh gejala-gejala lainnya yang telah disebutkan di atas.

8. Gangguan Pencernaan

Gejala kanker kelenjar getah bening bisa saja turut dirasakan di area pencernaan Anda. Hal ini utamanya apabila kelenjar getah bening yang diserang adalah kelenjar yang letaknya di area perut.

Sebagaimana dilansir dari Lymphoma Action, salah satu ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 adalah munculnya sensasi perut terasa penuh. Sementara itu, invasi sel kanker pada usus  menyebabkan penyakit lain seperti diare dan sembelit.

Diagnosis Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1

Apabila Anda mengalami ciri ciri di atas, sebaiknya jangan tunda lagi untuk mengunjungi dokter guna diperiksa lebih lanjut sebelum kondisi bertambah parah dan makin sulit disembuhkan.

Dalam mendiagnosis kanker kelenjar getah bening stadium 1, dokter akan melakukan serangkaian prosedur pemeriksaan seperti:

1. Anamnesis

Dokter terlebih dahulu akan mengajukan sejumlah pertanyaan terkait dengan kondisi yang dialami oleh pasien. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan seperti:

  • Sudah berapa lama kondisi ini berlangsung?
  • Gejala apa saja yang dirasakan?
  • Apakah memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit yang sama
  • Sedang mengonsumsi obat apa?

2. Pemeriksaan Fisik

Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik mulai dari memeriksa benjolan di area leher, ketiak, selangkangan dan sebagainya, hingga memeriksa berat badan,tinggi badan, dan tekanan darah.

3. Pemeriksaan Penunjang

Guna memastikan diagnosis atas kanker kelenjar getah bening stadium 1, dokter juga akan melakukan prosedur pemeriksaan penunjang yang umumnya meliputi:

  • Pengambilan sampel jaringan (biopsi)
  • Tes darah
  • X-Ray
  • CT Scan
  • MRI

Setelah pasien dipastikan menderita kanker kelenjar getah bening stadium 1,  dokter akan segera menentukan metode pengobatan sesuai dengan jenis limfoma, apakah limfoma hodgkin atau limfoma non-hodgkin.

Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1

Kanker kelenjar getah bening stadium 1 memiliki peluang sembuh yang terbilang tinggi, sehingga beruntunglah jika penyakit ini sudah terdeteksi dari awal.

Pada kasus kanker kelenjar getah bening stadium 1, metode pengobatan yang dilakukan umumnya  meliputi:

  • Operasi
  • Kemoterapi
  • Radioterapi
  • Transplantasi sumsum tulang belakang

Itu dia informasi mengenai ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Semoga bermanfaat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Anonim. Lymphoma. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lymphoma/symptoms-causes/syc-20352638 (Diakses pada 18 November 2019)
  2. Anonim. Stage 1 Lymphoma: What You Need to Know. https://lymphomanewstoday.com/stage-1-lymphoma/ (Diakses pada 18 November 2019)
  3. Anonim. Symptoms of Lymphoma. https://lymphoma-action.org.uk/symptoms-of-lymphoma (Diakses pada 18 November 2019)