Penting! Kenali 8 Ciri-Ciri Anak Cerdas, Pintar, dan Berbakat

ciri-ciri-anak-berbakat-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah anak saya termasuk anak pintar dan berbakat? Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang biasanya ingin diketahui jawabannya oleh setiap orang tua terhadap anak-anaknya. Sebenarnya, terdapat beberapa cara untuk mengetahui apakah anak Anda termasuk anak pintar dan berbakat.

Salah satu cara mengetahui jawabannya sekaligus merupakan cara termudah adalah dengan mengenali ciri-ciri anak cerdas pada diri anak Anda. Simaklah beberapa ciri-ciri anak cerdas dan anak berbakat di bawah ini sehingga Anda bisa segera mengetahui bahwa anak Anda termasuk anak berbakat atau tidak.

Ciri-ciri anak cerdas, pintar, dan berbakat

Setiap orang tua perlu mengetahui ciri-ciri anak cerdas dan berbakat agar Anda bisa mengembangkan potensi yang telah dimiliki oleh anak Anda sehingga potensi tersebut tidak menjadi sia-sia.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri anak cerdas, pintar, dan berbakat:

1. Memiliki kemampuan verbal yang baik dan di atas rata-rata

Kemampuan verbal yang baik merupakan ciri-ciri anak cerdas dan berbakat pada umumnya. Anak berbakat dan pintar biasanya sudah mampu berkomunikasi secara verbal dengan baik sejak usia dini. Kosakata yang biasa digunakan oleh anak yang tergolong anak pintar adalah kosakata yang lebih luas dari kosakata yang umumnya dimiliki oleh anak seusianya.

Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh orang dewasa adalah menganggap hal tersebut bukan hal yang wajar pada anak sehingga sering kali melabeli mereka dengan kata-kata “Ah kamu seperti orang dewasa saja bicaranya.”

Hal tersebut merupakan sebuah respons yang keliru. Anak pintar dan berbakat memang sering memilih kata-kata dengan hati-hati dan suka mengulangi kata-kata tersebut. Hal yang perlu orang tua ketahui adalah anak pintar dan berbakat cenderung lebih suka berbicara dengan orang dewasa karena teman-teman seusia mereka tidak dapat memahaminya.

Baca juga: Anak yang Bicara Dua Bahasa Cenderung Lebih Cerdas

2. Memiliki rasa ingin tahu yang begitu tinggi

Ciri-ciri anak cerdas yang sering nampak adalah rasa ingin tahu yang cukup tinggi. Anak berbakat dan pintar memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi terhadap suatu hal. Mereka ingin mengetahui hal tersebut secara mendalam.

Cara yang biasa mereka lakukan adalah dengan banyak bertanya kepada orang dewasa di sekitarnya secara bertubi-bertubi. Apabila anak cerdas dan berbakat sudah lebih besar sedikit maka ia akan mencari tahu jawabannya sendiri dengan begitu antusias.

3. Memiliki kejelian dan minat yang kuat

Apabila Anda mendapati anak Anda sering jeli terhadap hal-hal yang tidak disadari oleh anak seusia mereka dan orang dewasa maka anak Anda memiliki ciri-ciri anak cerdas, pintar, dan berbakat. Kejelian mereka sering diikuti dengan minat yang kuat.

Anak berbakat dan pintar sering fokus terhadap suatu hal yang menjadi minat mereka. Mereka akan menghabiskan waktu yang cukup banyak terhadap hal tersebut. Apabila Anda sudah menemukan minat anak Anda lalu kembangkanlah.

4. Mampu berpikir cepat dan tepat

Apakah anak Anda mampu berpikir secara cepat dan juga tepat? Anda mungkin sering melihat anak Anda begitu mudah memahami suatu hal. Bahkan mereka merespons hal tersebut secara tepat. Yakinlah bahwa anak Anda tergolong anak pintar dan berbakat.

Semakin lama mereka akan semakin cepat dalam menguasai suatu pelajaran tertentu. Dan Anda tidak perlu heran apabila mereka bisa selesai membaca buku apa pun dengan cepat. Ya, Anda perlu memberikannya buku yang lebih banyak lagi.

5. Memiliki ingatan yang kuat

Sebuah kabar gembira bagi orang tua yang sering melihat anaknya masih ingat terhadap suatu hal padahal hal tersebut sudah cukup lama. Selamat ayah dan bunda! Anda memiliki ciri-ciri anak cerdas dan anak berbakat. Anak pintar dan berbakat mampu menyimpan informasi untuk jangka waktu yang lebih lama daripada anak-anak seusia mereka.

6. Memiliki imajinasi dan kreativitas yang kuat

Anak berbakat dan anak pintar sering kali menghabiskan waktu mereka untuk berimajinasi. Imajinasi yang dimaksud ini  biasanya tampak pada hal-hal yang merupakan kreativitas mereka. Anak pintar dan berbakat acap kali menunjukan kreativitas kanak-kanaknya.

Seringkah Anda melihat anak-anak Anda membentuk mainan baru yang berasal dari benda-benda seadanya di sekitar mereka? Apakah mereka suka bercerita tentang hal-hal fiksi? Lihatlah seberapa tinggi tingkat khayalan mereka pada gambarnya?

Apabila Anda menemukan jawaban yang mengarah positif maka Anda memiliki ciri-ciri anak cerdas dan berbakat. Mereka memang suka berpikir di luar kebiasaan yang ada. Dukunglah pemikiran mereka yang mandiri tersebut.

7. Cukup sensitif

Ciri-ciri anak cerdas dan anak pintar yang biasanya sering dianggap sebuah hal yang tidak baik adalah sensitivitas yang dimiliki oleh anak berbakat. Anak pintar dan berbakat sangat sensitif secara emosional dan fisik. Mereka mungkin sering menangisi hal-hal yang tidak membuat anak-anak lain menangis.

Dan mereka juga sering mengeluhkan hal yang membuat mereka terganggu. Jadi, secara emosional, anak pintar dan berbakat memiliki sensitif yang sama dengan anak seusia mereka bahkan bisa sama dengan anak yang lebih muda darinya.

Baca juga: Mengenal Kecerdasan Emosi Anak dan Cara Mengembangkannya

8. Memiliki selera humor

Anak Anda suka membuat humor? Berbahagialah karena itu merupakan ciri-ciri anak cerdas dan anak berbakat. Anak pintar dan berbakat senang berada di sekitar orang dewasa yang sering berguyon sehingga mereka pun bisa meniru humor tersebut.

Humor anak pintar dan berbakat biasanya dituangkan dalam lisan saat mereka sedang bercakap-cakap dengan Anda. Ada juga yang menuangkannya dalam bentuk tulisan. Akan tetapi, Anda tetap perlu mengarahkan agar anak Anda hanya memiliki humor yang baik.