Jangan Panik, Ketahui 8 Ciri Bayi Alergi Susu Sapi dan Cara Mengatasinya

cara-mengatasi-bayi-alergi-susu-sapi-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda telah memberikan susu sapi kepada bayi Anda dan terlihat beberapa hal setelah mengonsumsinya? Ada kemungkinan itu adalah beberapa ciri bayi alergi susu sapi. Anda tak perlu panik karena alergi susu sapi pada bayi bisa saja terjadi.

Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah mengenal beberapa ciri bayi alergi susu sapi, mengetahui penyebabnya, dan cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi. Oleh karena itu, baca lebih lanjut untuk mengetahui semua informasi tersebut.

Beberapa ciri bayi alergi susu sapi

Alergi susu sapi adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap protein yang dikandung oleh susu sapi. Reaksi dari sistem kekebalan tubuh pada bayi akan menunjukkan beberapa tanda fisik yang merupakan ciri bayi alergi susu sapi.

Berikut ini adalah beberapa ciri bayi alergi susu sapi yang harus Anda ketahui:

1. Masalah kulit

Ciri bayi alergi susu sapi yang paling pertama bisa dikenali adalah adanya masalah kulit setelah beberapa saat mengonsumsi susu sapi. Masalah kulit yang timbul akibat alergi susu sapi seperti eksema atau eksim, ruam, gatal-gatal, mata atau bibir bengkak, pipi memerah, dan kulit pucat.

Baca juga: Apa Perbedaan Antara Alergi Susu dan Intoleran Laktosa?

Beberapa masalah kulit tersebut merupakan ciri utama dari kejadian alergi susu sapi pada bayi. Oleh karena itu, Anda harus memastikan apakah bayi Anda memiliki ciri-ciri tersebut atau tidak. Lengkapilah dengan ciri alergi susu sapi yang lain.

2. Masalah pencernaan

Timbulnya beberapa masalah pada sistem pencernaan juga menjadi salah satu ciri bayi alergi susu sapi. Beberapa masalah pencernaan yang merupakan ciri alergi susu sapi pada bayi seperti diare, perut kembung, sembelit atau konstipasi, muntah-muntah, dan tidak mau makan.

Apabila bayi Anda memiliki beberapa masalah pencernaan tersebut dan juga masalah kulit yang sudah disebutkan sebelumnya maka kemungkinan besar ia termasuk bayi yang alergi terhadap susu sapi.

3. Masalah pernapasan

Sistem pernapasan yang bermasalah juga menandakan ciri bayi alergi susu sapi. Masalah pernapasan yang biasa dimiliki oleh bayi yang alergi terhadap susu sapi di antaranya ada suara pada nafasnya, sering batuk, hidung berair, dan beberapa gejala kedinginan.

Anda perlu memerhatikan apakah bayi Anda juga memiliki masalah pernapasan tersebut selain masalah kulit dan masalah pencernaan. Apabila ada maka semakin besar kemungkinan bayi Anda memiliki alergi terhadap susu sapi.

4. Masalah umum

Selain ketiga masalah yang telah disebutkan yaitu masalah kulit, pencernaan, dan pernapasan, masih ada hal yang merupakan ciri-ciri bayi alergi susu sapi. Beberapa masalah ini bersifat umum, seperti rewel, sering menangis, susah tidur, lesu, gelisah, dan berat badan yang sulit meningkat.

Penyebab alergi susu sapi pada bayi

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab alergi susu sapi pada bayi. Informasi tentang penyebab alergi susu sapi pada bayi ini cukup bermanfaat sehingga Anda bisa mengetahui penyebab yang mana yang menyebabkan bayi Anda memiliki alergi terhadap susu sapi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab alergi susu sapi pada bayi:

1. Riwayat keluarga

Apabila anggota keluarga besar Anda dan pasangan ada yang memiliki riwayat asma, eksim, dan demam maka ini adalah penyebab bayi Anda bisa alergi terhadap susu sapi. Ini adalah penyebab utama bayi alergi susu sapi.

2. Susu formula

Susu formula yang diberikan kepada bayi sejak dini akan membuatnya mudah memiliki bakat alergi terhadap susu sapi. Susu formula yang dimaksud tidak hanya susu formula sapi tetapi berlaku juga untuk susu formula kedelai.

3. Faktor lain

Ada beberapa faktor di luar dua penyebab utama di atas, yakni seperti cara melahirkan, asupan zat gizi, paparan racun, dan perubahan bakteri yang ramah di dalam tubuh bayi. Faktor-faktor tersebut bisa merangsang sistem kekebalan tubuh bereaksi yang memicu munculnya alergi pada bayi.

Cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi

Ciri alergi yang muncul pada bayi sebaiknya segera dipastikan dengan berkonsultasi dengan dokter. Apabila ternyata bayi Anda positif alergi terhadap susu sapi maka Anda perlu melakukan beberapa cara untuk mengatasi alergi susu sapi pada bayi Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi:

1. Menghindari bayi dari susu sapi untuk sementara

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergi susu sapi pada bayi adalah dengan menjauhkan bayi Anda dari konsumsi susu sapi untuk sementara waktu. Tunggulah ia semakin besar sekitar usia 3 tahun, hingga pencernaannya lebih matang.

Baca juga: Pilihan Jenis Susu untuk Anak yang Alergi Susu Sapi

2. Ibu menyusui juga harus menjauh dari makanan berbasis susu sapi

Apabila Anda masih menyusui bayi Anda maka Anda juga harus menjauh dari asupan yang mengandung susu sapi seperti keju, cokelat, biskuit, es krim, dan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui komposisi dari makanan Anda.

3. Makanan dengan formula berbasis kasein

Penanganan selanjutnya adalah dengan memberikan bayi makanan yang mengandung formula berbasis kasein yang telah dihidrolisis secara ekstensif. Formula jenis ini memang masih mengandung protein tetapi telah dipecah sehingga membuatnya berbeda dari protein susu dan tidak membuat alergi.