Terbit: 22 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minyak Esensial merupakan salah satu bahan alami yang kerap digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini rupanya tidak hanya berkaitan dengan bahan baku minyak esensial yang aman digunakan saja, tetapi juga beragamnya kandungan zat aktif yang ada di dalamnya.

Mengenal Khasiat Cherry Kernel Oil untuk Merawat Kesehatan Kulit

Bicara soal minyak esensial, sepertinya Anda harus menjajal menggunakan minyak yang terbuat dari biji ceri merah atau biasa disebut dengan cherry kernel oil. Minyak yang memiliki warna kuning kehijauan ini sudah sejak lama digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Bahkan, minyak biji ceri ini memiliki sejumlah manfaat seperti:

1. Memperlambat Proses Penuaan

Dilansir dari laman Health Benefits Times, minyak yang diolah dari biji ceri merah ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Tidak heran jika minyak yang diolah dengan metode cold pressed tersebut mampu membantu dalam memperlambat proses penuaan. Sebagai tambahan informasi, antioksidan memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang ampuh dalam mencegah terjadinya proses oxidative stress yang kerap menyebabkan munculnya garis-garis halus. Tidak hanya itu saja, antioksidan juga menstimulasi produksi kolagen sehingga kulit akan terasa lebih kencang dan awet muda.

2. Menjadikan Kulit Lebih Bercahaya

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, minyak biji ceri merah juga dilengkapi dengan kandungan vitamin A. Vitamin A atau yang disebut dengan retinol merupakan salah satu bahan aktif yang membantu mempercepat proses rejuvenasi sel-sel kulit. Tidak heran jika kulit akan tampak lebih sehat dan bersih. Apalagi proses rejuvenasi sel-sel kulit membantu memudarkan bekas jerawat atau pun noda hitam.

3. Melindungi Kulit dari Paparan Matahari

Siapa yang akan menyangka jika minyak biji ceri merah ini mampu berperan sebagai sunscreen. Hal tersebut ternyata juga berkaitan dengan kandungan vitamin A dan vitamin E yang mampu menjaga dan melindungi kulit secara optimal. Terutama dari paparan sinar matahari yang mengandung radiasi UV. Sebagai tambahan informasi, sinar UV mampu merusak struktur kulit dan menyebabkan hiperpigmentasi hingga kanker kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Siapa yang akan menyangka jika minyak yang terbuat dari biji ceri merah ini memiliki khasiat yang beragam untuk kulit. Kendati banyak dijual dalam kemasan minyak esensial, Anda juga dapat menyiasatinya dengan mengaplikasikan produk dengan kandungan ekstrak ceri merah. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga asupan cairan agar kulit senantiasa lembap.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi