Obat Cetirizine: Manfaat, Fungsi, Komposisi & Dosis

Obat Cetirizine-doktersehat

Anda pernah mengenal atau tanpa sengaja bertemu dengan penderita alergi karena serbuk bunga atau bulu hewan? Ketika teman atau seorang kenalan Anda mengalami alergi, mungkin Anda akan merekomendasikan mereka mengonsumsi obat alergi yang dianjurkan dokter atau apoteker. Salah satu obat alergi yang kerap dianjurkan oleh dokter adalah obat Cetirizine. Kemudian, muncul pertanyaan Cetirizine obat apa? Tahukah Anda mengenai obat tersebut? Tahukah Anda tentang manfaat Cetirizine, komposisi Cetirizine, dan fungsi Cetirizine?

Obat Cetirizine adalah obat alergi yang termasuk dalam golongan antihistamin, mekanisme kerjanya adalah menghalangi zat kimia dalam tubuh yang disebut histamin. Setelah mengenal jenis obat alergi tersebut, Anda harus tahu manfaat Cetirizine, fungsi Cetirizine, dan komposisi Cetirizine.

Fungsi Cetirizine adalah mengatasi gejala-gejala yang ditimbulkan histamin tersebut, yaitu digunakan untuk mengobati kondisi alergi seperti rhinitis alergi, gatal-gatal, dan urtikaria atau biduran. Lalu Anda juga harus mengenal manfaat dari obat Cetirizine. Manfaat Cetirizine adalah mengobati alergi dingin, mengatasi gatal, dan mencegah gejala-gejala yang berhubungan dengan alergi. Seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, mata gatal, ruam kulit dan kulit gatal. Bukan hanya fungsi Cetirizine dan manfaatnya saja yang harus dikenali, sebelum mengonsumsi sebaiknya kenali pula komposisi Cetirizine tersebut. Apa saja yang ada dalam obat? Komposisi Cetirizine adalah Cetirizine di-HCL 10 mg.

Jika pengidap alergi ingin mengonsumsi obat anti alergi seperti obat Cetirizine, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Apalagi jika pengidap alergi tersebut juga mengidap penyakit ginjal.

Nama: Cetirizine
Nama Dagang: Zrtec, Zyrtec Allergy, Children’s Zyrtec Allergy, Children’s Zyrtec Hives Relief, PediaCare Children’s 24 Hour Allergy, Aller-Tec, Wal-Zyr
Kelas: Antihistamin generasi kedua
Obat lain yang termasuk antihistamin generasi kedua: Desloratadine, Fexofenadine, Levocetirizine, Loratadine
Obat Cetirizine tersedia dalam bentuk:
Tablet

  • 5mg
  • 10mg

Sirup

  • 5mg/5mL

Larutan

  • 5mg/5mL

Penggunaan Obat Cetirizine

Obat Cetirizine adalah obat antihistamin digunakan untuk meredakan gejala alergi seperti mata berair, hidung meler, mata/hidung gatal, bersin, dan gatal-gatal. Obat Cetirizine bekerja dengan menghalangi zat alami tertentu (histamin) bahwa tubuh Anda membuat selama reaksi alergi.

Obat Cetirizine tidak mencegah gatal-gatal atau mencegah/mengobati reaksi alergi yang serius (seperti anafilaksis). Oleh karena itu, jika dokter telah meresepkan epinefrin untuk mengobati reaksi alergi, selalu bawa injector epinefrin yang diresepkan dokter.

Untuk pasien dewasa yang alergi/hay fever/urtikaria (biduran)
Alergi musiman dan rhinitis vasomotor; menghilangkan gejala pilek, urtikaria, angioedema, reaksi anafilaksis, pruritus (gatal-gatal), konjungtivitis alergi (mata merah karena alergi).

Dosis Cetirizine

Obat Cetirizine 5-10 mg diminum setiap hari, tergantung pada tingkat keparahan gejala; tidak melebihi 10 mg setiap hari

Modifikasi Dosis Cetirizine
Pada pasien dengan gangguan ginjal penggunaan obat Cetirizine adalah sebagai berikut.

  • GFR >50 mL/menit: Penyesuaian Dosis Cetirizine tidak perlu
  • GFR <50 mL / menit: 5 mg diminum setiap hari
  • Peritoneal dialisis: 5 mg diminum setiap hari
  • Hemodialisis intermiten: 5 mg diminumsetiap hari; juga dapat diberikan 3 kali seminggu

Pada pasien kerusakan hati: Penyesuaian dosis Cetirizine tidak tersedia oleh label produsen.
Pemberian obat Cetirizine:  Dapat diminum dengan atau tanpa makanan.

Untuk anak:
Alergi/Hay Fever/urtikaria
Untuk alergi musiman dan rhinitis vasomotor

  • Usia <2 tahun: Keamanan dan efektivitas obat tidak diketahui
  • Usia 2-6 tahun: 2,5 mg (0,5 sendok teh) larutan diminum setiap hari; dapat meningkat menjadi 5 mg setiap hari atau 2,5 mg diminum dua kali sehari; tidak melebihi 5 mg setiap hari
  • Usia >6 tahun: 5-10 mg diminum setiap hari, tergantung pada tingkat keparahan gejala; tidak melebihi 10 mg setiap hari

Modifikasi Dosis Cetirizine

Gangguan Ginjal

  • GFR >30 mL/min/1.73 m²: Penyesuaian Dosis tidak perlu
  • GFR 10-29 mL/min/1.73 m²: Penurunan dosis sebesar 50%
  • GFR <10 mL/min/1.73 m²: Tidak direkomendasikan

Hemodialisis intermiten atau peritoneal dialisis: Dosis penurunan sebesar 50%

Kerusakan Hati
Penyesuaian dosis tidak disediakan oleh label produsen.
Pemberian: Dapat diambil dengan atau tanpa makanan.

Penggunaan Obat Cetirizine pada Kondisi Kehamilan dan Menyusui

Keamanan untuk kehamilan: kategori C. Gunakan dengan cermat dan hati-hati. Konsultasikan terlebih dahulu jika Anda memang ingin menggunakan obat kepada dokter. Supaya tidak terjadi kerusakan pada janin Anda.

Jenis kategori obat untuk kehamilan:

  • Kategori A: Secara umum diterima, dan telah melalui penelitian pada wanita-wanita hamil, dan menunjukkan tidak ada bukti kerusakan janin
  • Kategori B: Mungkin dapat diterima oleh wanita hamil, sudah melalui penelitian pada hewan coba tapi belum ada bukti penelitian langsung pada manusia.
  • Kategori C: Digunakan dengan hati-hati. Penelitian pada hewan coba menunjukkan risiko dan belum ada penelitian langsung yang memadai pada manusia
  • Kategori D: Digunakan jika memang tidak ada obat lain yang dapat digunakan, dan dalam kondisi mengancam jiwa.
  • Kategori X: Jangan digunakan pada kehamilan. Memiliki risiko tinggi
  • Kategori NA: Tidak ada informasi dalam penelitian apa pun.

Pada ibu menyusui, obat memasuki ASI. Tidak direkomendasikan untuk digunakan. Jika memang Anda ingin mengonsumsi obat tersebut, konsultasikan penggunaan obat Cetirizine kepada dokter terlebih dahulu.

Obat Cetirizine – Halaman Selanjutnya :   1   2   3